SHARE THIS ARTICLE

Walaupun banyak orang mengatakan mie itu berasal dari Cina, banyak negara lain yang juga mengkonsumsi mie. Di Indonesia sendiri, sering kita lihat pedagang dan rumah makan khusus mie di jalan-jalan. Bahkan, jenis mie pun sekarang bermacam-macam. Mulai dari spaghetti asal Itali hingga ramen dari Jepang. Tapi tahukah teman-teman kalau mie dari Jepang itu bukan hanya ramen? Yuk, simak laporan Flipp Magazine tentang 8 jenis mie dari Jepang!

1. Ramen

2a ramen1

Di antara jenis mie lainnya dari Jepang,  adalah yang paling populer. Tekstur mie-nya tidak terlalu lembek dan bergelombang. Semangkuk ramen biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang khusus, seperti miso, shio, tonkotsu, dan shoyu.

2. Shirataki

2b shirataki

Shirataki adalah jenis mie yang terbuat dari konnyaku, sejenis agar-agar, yang menghasilkan kekenyalan yang khas pada shirataki. Biasanya jenis mie shirataki ini ditemukan pada masakan sukiyaki dan oden. Mungkin tekstur shirataki ini hampir mirip dengan sohun yang dimakan di Indonesia.

3. Soba

2c soba

Soba juga merupakan salah satu jenis mie favorit di Jepang yang terbuat dari gandum hitam dan berwarna cokelat. Di Jepang, orang biasa menyebut soba untuk jenis mie yang tipis. Soba juga dapat dimakan panas atau dingin. Jika dimakan panas, soba disajikan dalam mangkuk berisi kuah kaldu. Jika dimakan dingin, soba akan disajikan terpisah dengan saus celupnya.

4. Somen

2d somen

Seperti Soba, somen juga terbuat dari gandum dan bertekstur tipis. Hanya saja somen berwarna lebih putih. Dari jenisnya, sebenarnya somen lebih mirip dengan hiyamugi dan udon, hanya saja dalam versi yang lebih tipis. Ketika musim panas, orang Jepang biasa memakan somen yang memang disajikan dingin.

5. Hiyamugi

2e Hiyamugi

Hiyamugi sangat mirip dengan somen dan udon, hanya saja ukurannya tidak sekecil somen dan tidak sebesar udon. Cara penyajiannya bahkan mirip dengan somen dan udon.

6. Udon

2f Nabeyaki_udon_by_macglee_in_Nishiki_Ichiba_Kyoto

Di Jepang, udon adalah jenis mie yang paling tebal, dengan ketebalan sekitar 4-6mm. Udon bisa disajikan dingin maupun panas, biasanya tergantung pada musim di Jepang.

7. Yakisoba

2g yakisoba1

Yakisoba, yang dalam bahasa Jepang berarti mie goreng, sebenarnya bukan jenis mie, lho! Ini adalah nama masakan Jepang yang menggunakan mie yang jenisnya mirip dengan ramen. Biasa digoreng dengan daging dan sayuran, yakisoba terasa gurih dan sedikit manis. Sssttt… yakisoba tidak sama dengan soba lho!

8. Champon

2h champon-noodle

Seperti yakisoba, champon sebenarnya bukan jenis mie tapi jenis masakan Jepang yang menggunakan mie sebagai bahan utamanya. Champon biasanya berkuah dengan sayur, daging, atau seafood di dalamnya. Oh iya, jenis mie yang digunakan dalam champon biasanya adalah ramen.

Wiihh, kelihatan enak-enak ya hidangan mie dari negeri sakura! Jadi lapaaarrr.

Source : flippkids.com
COMMENT