SHARE THIS ARTICLE
Semangkuk ramen. (iStock)
Semangkuk ramen. (iStock)

Di musim hujan maupun pancaroba, berbagai penyakit datang menyerang. Flu menjadi salah satu yang paling umum diderita. Tak hanya hidung tersumbat, demam dan badan lemas, flu juga mampu membuat penderitanya menjadu tidak nafsu makan. Padahal, makan makanan bergizi adalah cara terbaik selain istirahat untuk mengembalikan kesehatan tubuh.

Nah, masyarakat di Jepang punya deretan menu favorit yang menjadi comfort food mereka di saat flu melanda. Tak hanya mampu menenangkan dan membuat nafsu makan kembali muncul, menu-menu tersebut juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang akan membantu penderita flu kembali sehat dengan cepat.

Apa saja menunya? Simak daftarnya seperti yang dilansir dari Rocketnews24 berikut ini.

Ramen

Ramen telah lama menjadi hidangan tradisional sekaligus favorit masyarakat Jepang. Begitu pula saat sedang dilanda flu, ramen menjadi hidangan wajib yang mampu membangkitkan selera makan.

Namun, yang paling sering dinikmati ialah ramen yang dimasak menggunakan cukup banyak bawang putih. Telur ayam fermentasi, irisan daun bawang dan beberapa lembar daging pun ditambahkan sebagai pelengkap (topping).

Siapa yang tak suka menyantap semangkuk ramen hangat?

Daikon

Daikon merupakan bahasa Jepang dari lobak putih. Biasanya lobak dipotong-potong dan dijadikan acar. Rasanya sedikit asam namun menyegarkan. Panganan ini sering disantap saat sedang sakit flu karena dipercaya mampu meredakan penyakit dan hidung tersumbat. Acar lobak juga sering ditambah madu untuk memberikan sentuhan cita rasa manis yang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Okayu

Okayu adalah nama hidangan bubur di Jepang. Sama seperti di Indonesia, bubur telah menjadi hidangan klasik mereka yang tengah dilanda demam dan flu. Hal ini karena bubur memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga mudah ditelan apalagi saat sakit nafsu makan pun cenderung berkurang. Namun, okayu dihidangkan tanpa topping seperti di Indonesia. Okayu hanya terdiri dari bubur yang telah dibumbui garam, lada dan bawang putih kemudian diberi sedikit taburan potongan daun bawang.

Sup

Dari beragam jenis sup yang ada di negeri sakura, yang menjadi favorit untuk dinikmati saat flu adalah sup ayam dan sup miso. Sup ayam dimasak dengan merebus daging serta tulang ayam bersama bumbu hingga tercipta kaldu dan daging ayam pun mengempuk. Sedangkan miso merupakan hasil dari fermentasi kedelai yang dihaluskan. Miso dijadikan bumbu utama sup dan biasanya ditambahkan irisan daun bawang dan tahu.

Es krim

Yang satu ini mungkin terdengar aneh karena sangat jarang orang yang tengah sakit flu menyantap makanan dingin. Namun, di Jepang hal ini terbilang lumrah dengan catatan yang dinikmati ialah es krim bercitarasa unik seperti bji wijen, bawang putih atau wasabi. Seperti yang Anda ketahui, ketiganya memiliki manfaat kesehatan seperti meredakan hidung tersumbat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Source : life.viva.co.id
COMMENT