SHARE THIS ARTICLE

Makanan sushi semakin mudah dijumpai di kota besar di indonesia. Namun kalau mau wisata kuliner sushi paling enak di Jepang, mampirlah ke kedai Sukiyabashi Jiro di Tokyo. Presiden AS Barack Obama saja makan di sini.

sukibayashi jiro (2)
Presiden Obama dan PM Shinzo Abe di Sukiyabashi Jiro (CNN)
sukibayashi jiro (1)
Chef Jiro dan anaknya yang sedang menyajikan sushi (CNN)

Karei, Akami, hingga Chu-Toro, beberapa nama sushi yang cukup populer di Jepang. Dilansir oleh detiktravel dari CNN, Rabu (17/9/2014), restoran yang terletak di basement Ginza Metro Station ini terkenal sebagai kuilnya sushi!

Ketenaran Sukiyabashi Jiro tidak hanya di Jepang, bahkan dunia. Setelah tampil dalam acara TV ‘No Reservations‘ yang dipandu Anthony Bourdain, restoran ini juga masuk dalam film dokumenter berjudul ‘Jiro Dreams of Sushi‘.

Sang pemilik Sukiyabashi Jiro yang telah berumur 86 tahun, Jiro Ana, bahkan diakui sebagai “Harta Nasional Jepang” karena keterampilannya dalam mengolah sushi, dan meraih 3 Bintang Michelin sebagai tanda chef jempolan. Jiro menjalankan usahanya bersama sang anak, Yoshikazu Ono.

Soal rasa dan otentik, tidak perlu ditanya. Sushi yang disajikan di Sukiyabashi Jiro ini semuanya fresh. Ikannya didatangkan langsung dari Pasar Ikan Tsukiji yang terkenal sebagai pemasok ikan di Jepang.

Untuk soal bahasa tidak perlu khawatir. Pelayan di Sukiyabashi Jiro fasih bahasa Inggris dan ramah. Mereka akan menanyakan soal pantangan atau alergi terlebih dahulu.

Menu unggulan di Sukiyabashi Jiro adalah “19-piece Chef’s Recommended Special Course.” Tidak hanya 1, namun 19! Menu pertama yang datang adalah Karei, sushi nigiri dengan ikan yang ringan. Makan sushi memakai tangan pun diperkenankan.

Chef Jiro pun tidak sembarangan ketika menyajikan jenis sushi-nya. Semuanya punya urutan, dari yang rasanya ringan, sampai yang berat dan berlemak. Dalam beberapa hidangan sushi, chef Jiro juga mengingatkan untuk merasakan tanpa menggunakan kecap.

Satu hal lain dari kedai sushi Sukiyabashi Jiro terletak pada nasinya. Nasinya disuplai khusus dari pemasok langganannya untuk Jiro. Kualitas beras unggulan ini tidak dapat ditemui sembarangan di toko sembako.

Setelah menyantap berbagai menu dalam ritual suci memakan sushi, Anda akan disajikan potongan melon segar sebagai penutup. Kenikmatan sushi buatan chef Jiro sering mengundang salam hormat pengunjung, ditunjukkan dengan posisi badan membungkuk hormat.

Akhirnya, jangan lupa untuk membayar. Harga yang diperlukan untuk merasakan kenikmatan sushi chef Jiro adalah 30.000 Yen, atau setara dengan Rp 3.350.000, belum termasuk pajak. Wow mahalnya!

Jika penasaran dan tertarik untuk mencoba sushi chef Jiro di Sukiyabashi Jiro, Anda perlu untuk melakukan reservasi sekitar 3 bulan sebelumnya. Anda juga harus datang tepat waktu. Kalau telat akan dikenakan biaya 15.000 Yen atau Rp 1.675.000. Luar biasa memang.

Sukiyabashi Jiro terletak di Tsukamoto Sogyo Building, B1/F,2-15, Ginza Metro Station Exit C6, Tokyo. Kedai ini beroperasi dari pukul 11.30-14.00 dan 17.30-18.30. Tutup pada hari Minggu, liburan nasional, Sabtu sore, pertengahan Agustus, dan liburan akhir tahun.

Source : travel.detik.com
COMMENT