SHARE THIS ARTICLE

Sekilas, Kodama Shinkansen yang baru dari West Japan Railway Co. ini tampak seperti kereta peluru pada umumnya. Tapi jika mengintip ke dalam salah satu gerbong khusus dari kereta ini akan terlihat diorama besar dari kereta mainan.

plarail kodama shinkansen (1)
Eksterior dari gerbong 500 Series Shinkansen khusus dengan diorama kereta api mainan besar yang terpasang di dalamnya, sedang menjalani modifikasi di tempat perbaikan kereta di Hakata pada tanggal 2 Juli (Mahito Kaai)

Dijadwalkan untuk memulai debutnya pada tanggal 19 Juli di Sanyo Shinkansen Line antara stasiun Hakata dan Shin-Osaka, gerbong baru “Plarail Car” dari JR West ini adalah gerbong pertama dari delapan gerbong untuk 500 Series Shinkansen yang saat ini sedang dimodifikasi di tempat perbaikan kereta di Hakata, Nakagawa, Jepang.

Semua kursi dari Plarail Car ini dipindahkan untuk menampung diorama mainan Plarail raksasa.

plarail kodama shinkansen (3)
Sebuah mainan Plarail 500 Series Shinkansen melaju melalui diorama besar yang didirikan di gerbong pertama 500 Series Shinkansen khusus di tempat perbaikan kereta di Hakata pada tanggal 2 Juli. (Mahito Kaai)

Diproduksi oleh Tomy Co., Plarail adalah salah satu deretan dari kereta mainan paling sukses di Jepang. Berbagai kereta Plarail telah diproduksi secara terus-menerus sejak debutnya pada tahun 1959.

Diorama JR West ini terdiri dari 10 jenis kereta Plarail yang melaju di antara model berskala dari berbagai situs terkenal, seperti Istana Himeji, dan tempat menarik lainnya yang ditemukan di sepanjang Sanyo Shinkansen Line.

Plarail Car dibuat untuk mempromosikan layanan Kodama untuk para keluarga dengan membangun kereta api yang ramah keluarga. Karena layanan Kodama adalah kereta lokal yang berhenti di setiap stasiun, para penumpang cenderung menggunakan layanan ekspres Nozomi yang lebih cepat yang melewati berbagai perhentian di berbagai stasiun kecil. Saat ini, semua kereta 500 Series Shinkansen menjalankan layanan Kodama.

plarail kodama shinkansen (2)
Ruang bermain dan “Plarail” diorama kereta mainan di dalam gerbong 500 Series Shinkansen khusus yang mengalami modifikasi di tempat perbaikan kereta di Hakata pada tanggal 2 Juli. (Mahito Kaai)

Plarail Car juga memiliki ruang terbuka untuk anak-anak di mana mereka dapat bermain dengan berbagai kereta Plarail dan membaca buku bergambar. Ada replika ukuran anak-anak dari kursi masinis Shinkansen di mana mereka bisa berfoto mengenakan seragam masinis kereta peluru tersebut.

Kereta ini direncanakan untuk menempuh perjalanan satu putaran setiap hari hingga Maret 2015. Kereta yang berangkat menuju ke timur ini dijadwalkan berangkat dari Hakata Station pada pukul 6.33 pagi dan tiba Shin-Osaka Station pada 11.14 siang. Kereta yang berangkat menuju arah barat meninggalkan Shin-Osaka Station pada pukul 11.30 siang dan kembali ke Hakata Station pada pukul 16.03 petang.

Tidak ada pemesanan atau biaya tambahan yang diperlukan.

Source : ajw.asahi.com
COMMENT