SHARE THIS ARTICLE
Remaja berpose bersama tokoh kartun Doraemon (TRIBUNNEWS.COM/ RICHARD SUSILO)
Remaja berpose bersama tokoh kartun Doraemon (TRIBUNNEWS.COM/ RICHARD SUSILO)
Tokoh kartun Doraemon memang punya karakter yang sangat populer, bukan hanya di Jepang tetapi juga di dunia dan terlebih juga di Indonesia.

Meskipun demikian banyak karakter Doraemon ternyata banyak yang aneh atau palsu beredar di Indonesia. Tak kurang hal itu jadi perhatian orang Jepang juga pada acara “Mendengar Cerita Isteri Orang Jepang Yang Tinggal di Indonesia” di TV TBS kemarin (17/3/2015).

“Wah Doraemon-nya aneh-aneh ya, ada-ada saja ya Doraemon di Indonesia,” papar pembawa acaranya. Hal ini juga dibenarkan oleh Admin Facebook Komunitas Doraemon Indonesia (KDI), Rikako Sugamo khusus kepada Tribunnews.com sore ini (18/3/2015).

“Memang benar di Indonesia banyak sekali Doraemon palsu, asal saja membuat Doraemon, siapa pun seolah bisa membuat gambar karakter doraemon, dan sebagainya, tanpa kontrol lagi dari pihak pemegang lisensi,” papar Sugamo.

Tak heran, tambahnya, muncullah segala macam produk hasil pekerjaan tangan orang Indonesia, dibuat, dijual dipasarkan di mana-mana dengan bebas dengan tenang saja, tambah Admin KDI yang komunitasnya terbuka bagi siapa saja untuk bergabung di: https://www.facebook.com/groups/komunitasdoraemonindonesia/

“Menurut saya mungkin 90% atau mungkin hampir semua produk Doraemon yang ada di Indonesia, diperjualbelikan di mana-mana tampaknya palsu. Kelihatan sekali dari harganya. Tak tahulah buatan mana dan tampaknya juga sudah tak ada yang peduli lagi siapa membuat apa dan bagaimananya,” tuturnya.

Source : tribunnews.com
COMMENT