SHARE THIS ARTICLE

Senyuman terukir di wajah seorang pria yang berjalan keluar dari Hall A dan B Jakarta Convention Center pada hari Minggu dengan sebuah plastik besar berisi kotak mainan di tangannya. Tampaknya dia sudah berhasil mendapatkan apa yang dia sukai di dalam acara Indonesia Comic Con 2016 (ICC 2016), yang diselenggarakan akhir pekan lalu pada Sabtu sampai Minggu (1-2/10).

indonesia-comic-con-2016-suksesnya-duet-budaya-pop-timur-dan-barat-dalam-satu-acara-10

indonesia-comic-con-2016-suksesnya-duet-budaya-pop-timur-dan-barat-dalam-satu-acara-16

Acara yang digadang-gadang mempertemukan budaya pop dari Timur dan budaya pop dari barat ini ternyata ramai dipenuhi oleh para pengunjung yang datang. Alasannya bermacam-macam. Ada dua orang pria yang datang hanya ingin melihat game terbaru rilisan youtuber terkenal. Sedangkan yang lain ingin melihat bintang-bintang tamu yang ada, mulai dari Brianna Hildrebrand dari film Deadpool sampai kepada dua penyanyi soundtrack anime lawas legendaris, Akira Kushida dan Horie Mitsuko.

indonesia-comic-con-2016-suksesnya-duet-budaya-pop-timur-dan-barat-dalam-satu-acara-8

Dan memang terbukti, panggung utama yang memberikan penampilan langsung Kushida dan Mitsuko ramai bahkan sebelum mereka berdua tampil. Sebagian besar adalah mereka yang berusia 30 – 40 tahunan yang tumbuh dengan film-film tersebut. Namun banyak dijumpai juga para anak-anak muda penuh antusias yang memang menyukai tokusatsu dan mengikuti film-filmnya sambil menyanyi bersama.

indonesia-comic-con-2016-suksesnya-duet-budaya-pop-timur-dan-barat-dalam-satu-acara-15

Di tempat lainnya banyak sekali booth-booth menarik yang dapat dikunjungi, mulai dari yang sangat barat seperti Star Wars sampai ke yang berbau Jepang seperti Sanrio. Teknologi pun tidak mau kalah dengan banyaknya booth-booth elekronik yang memajang produk-produk terbaru mereka dengan uji coba gaming. Film-film lokal terbaru pun mempromosikan diri di sana dan terbukti berhasil membuat banyak orang menyadarinya.

indonesia-comic-con-2016-suksesnya-duet-budaya-pop-timur-dan-barat-dalam-satu-acara-5

indonesia-comic-con-2016-suksesnya-duet-budaya-pop-timur-dan-barat-dalam-satu-acara-6

indonesia-comic-con-2016-suksesnya-duet-budaya-pop-timur-dan-barat-dalam-satu-acara-2

ICC 2016 pun terbilang lebih luas daripada gelaran perdananya di tahun lalu. Bila dulu mereka hanya menggunakan satu hall saja, di tahun ini ada dua hall yang digunakan. Tentunya ini berpengaruh ke jumlah ekshibitor yang ada. Di Hall B JCC adalah kumpulan dari booth-booth yang berjualan aksesoris, art, makanan dan tentunya booth Japanese Station di sana yang menjual berbagai macam merchandise menarik.

indonesia-comic-con-2016-suksesnya-duet-budaya-pop-timur-dan-barat-dalam-satu-acara-4

indonesia-comic-con-2016-suksesnya-duet-budaya-pop-timur-dan-barat-dalam-satu-acara-7

indonesia-comic-con-2016-suksesnya-duet-budaya-pop-timur-dan-barat-dalam-satu-acara-9

Salah satu yang menarik perhatian dari acara pop culture seperti ini adalah cosplayer. Di hari kedua yang ditutup dengan cosplay competition, ada banyak sekali cosplayer yang datang. Pengunjung dapat mengajak berfoto bersama karakter-karakter favorit mereka baik dari barat maupun timur. Untuk kompetisinya, ada satu pemenang dari enam finalis untuk mengikuti kompetisi kelas dunia di Chicago, Amerika Serikat. Rangga Kanchiel terpilih menjadi juara dengan kostum Rathalos Armor dari Dragon Hunter. Selamat!

Bagaimana kesan-kesan kalian terhadap Indonesia Comic Con 2016? Utarakan momen terbaik kalian di kolom di bawah ini!

(foto: Amozy Audrey)

COMMENT