SHARE THIS ARTICLE

indonesia comic con

Indonesia Comic Con (ICC) menyajikan pengalaman pop culture terbaik dari Timur dan Barat untuk merayakan konten terbaru dari comics, anime, toys, collectibles, games, TV, film dan entertainment bagi para fans di seluruh Indonesia. Fans dimungkinkan untuk memuaskan keinginan mereka untuk bertemu ikon-ikon budaya populer favorit mereka dan menjadi yang pertama untuk memiliki barang-barang edisi terbatas yang dipamerkan oleh merek-merek terkemuka.

Indonesia Comic Con yang akan diadakan pada 14-15 November mendatang di Jakarta Convention Center ini merupakan bagian dari acara ReedPOP, termasuk New York Comic Con (NYCC), Chicago Comic & Entertainment Expo (C2E2), Penny Arcade Expo (PAX) Prime, East, South and Australia, Emerald City Comicon, BookCon, Oz Comic-Con, Comic Con India, Paris Comic Con, Star Wars Celebration, Shanghai Comic Convention, Vienna Comic Con, Singapore Toy, Game and Comic Convention (STGCC), TwitchCon, dan UFC Fan Expo.

Untuk pertama kali di Indonesia, Championships of Cosplay akan hadir sebagai salah satu kegiatan yang paling dinanti. Diadakan sebagai bagian dari kejuaraan kostum paling bergengsi di dunia, Championships of Cosplay Indonesia Comic Con 2015 akan diadakan pada 15 November 2015, pukul 19.00 di Jakarta Convention Center.

Pemenang dari Kejuaraan Cosplay akan mewakili Indonesia di kompetisi Crown Championships of Cosplay di ajang Chicago Comic & Entertainment Expo (C2E2) 2016 untuk bersaing dengan cosplayers dari seluruh dunia. C2E2 adalah konvensi buku komik dan budaya populer yang mencakup tren terbaru dari dunia komik, film, televisi, mainan, anime, manga, dan video game. Semua tergabung di satu tempat untuk sebuah akhir pekan penuh budaya populer di pusat kota Chicago. Ikuti kejuaraan cosplay ini dan menangkan hadiah-hadiah menarik sebagai berikut:

1st Winner – Grand Champion
1. Champion Trophy, disponsori oleh Royal Selangor
2. Medali
3. 2 (dua) tiket VIP untuk C2E2 2016 (18-20 Maret 2016, Chicago, Amerika Serikat
4. Uang tunai sebesar delapan juta rupiah.
5. Satu tiket PP dari negara asal pemenang ke Chicago untuk C2E2 2016*
6. Satu tiket PP dari negara asal tamu pemenang ke Chicago untuk C2E2 2016*
7. Partisipasi langsung pada putaran terakhir Crown Championships of Cosplay di C2E2 2016.
8. Gratis pengiriman barang untuk barang-barang berukuran besar terkait dengan kostum.
9. Transportasi dari dan ke bandara di negara asal pemenang.
10. Kamar hotel berkapasitas dua orang di Chicago untuk 3 malam. Check-in pada Kamis, 17 Maret 2016 dan check-out pada Minggu, 20 Maret 2016.**
11. USD 200 untuk transportasi pemenang Chicago, dari dan ke bandara O’Hare.
12. Voucher Grab Bike senilai satu juta rupiah.

* Tiket pesawat akan ditentukan dan dipesan berdasarkan kebijakan penyelenggara.
** Akomodasi akan ditentukan dan dipesan berdasarkan kebijakan penyelenggara.

2nd Winner – Runner Up
1. 10 (sepuluh) tiket untuk ICC 2016
2. Uang tunai sebesar empat juta rupiah
3. Medali

3rd Winner – 3rd Place
1. 5 (lima) tiket untuk ICC 2016
2. Uang tunai sebesar dua juta rupiah
3. Medali

Peserta terpilih akan terbatas, sejumlah 15 peserta akan dipilih berdasarkan isi formulir pendaftaran dan foto yang dilampirkan. Pemenang akan ditentukan melalui pra-penjurian penilaian kostum (off-stage) sekitar 5 menit, ditambah penampilan di atas panggung maksimal 3 menit. Sehubungan dengan kejuaraan ini juga termasuk kejuaraan keterampilan dan keahlian, kostum yang diikutkan haruslah kostum buatan tangan, bukan kostum yang biasa diproduksi secara massal dan dijual di toko-toko.

Juri

Nicole Marie Jean

indonesia comic con2

Cosplayer profesional dari Amerika Serikat, Nicole Marie Jean, akan berbagi semangat kreativitas dan teknik cosplay miliknya kepada para fans di Indonesia Comic Con 2015. Selama tiga tahun terakhir, Nicole telah membuat setidaknya 80 kostum yang terinspirasi dari karakter-karakter favoritnya, baik dari komik, film, buku, video games, serta yang sebentar lagi menyusul, anime. Nicole akan datang ke Indonesia untuk pertama kali melalui Indonesia Comic Con 2015.

Olivie (V-Project)

indonesia comic con3

Olivie adalah cosplayer dari Hongkong sekaligus pimpinan dari grup cosplay terkenal di Hong Kong “V-Project”. Ia sangat menyukai karakter dengan kepribadian kuat, juga karakter perempuan berambut pirang. Sejak jatuh cinta pada Love Live!, ia telah menirukan berbagai versi Eli Ayase. Grupnya, V-Project, telah melakukan berbagai dance cover dari lagu-lagu dalam serial itu. Mereka juga telah tampil dalam acara ACG di Taiwan, Macau, dan Singapura.

Pinky Lu Xun

indonesia comic con4

Pinky Lu Xun adalah salah satu cosplayer asal Indonesia yang paling terkenal, sekaligus sebagai perintis dan ikon cosplayer di Indonesia. Dikenal karena keindahan dan kerumitan kostumnya, ia sering dianggap sebagai panutan bagi banyak cosplayer. Pinky beberapa kali menerima undangan sebagai juri tamu di erbagai acara cosplay di Indonesia dan negara-negara lain seperti Malaysia, Singapura, Filipina dan Australia.

Octavianus Rizky

indonesia comic con5

Rizky memulai cosplay di tahun 2005. Ia pernah mengadakan berbagai acara dan kompetisi cosplay dan telah beberapa kali menjadi juri tamu atau performer di acara lokal. Rizky dan timnya fokus dalam penampilan cosplay dimana ia menciptakan semua rangkaian aksinya. Pada tahun 2009, Rizky dan timnya memenangkan Cosplay Competition di ajang STGCC untuk kategori grup; kemudian tahun 2014 terpiilih menjadi perwakilan Indonesia untuk Asia dalam pagelaran Asia Cosplay Meet & SUPANOVA di Brisbane.

COMMENT