SHARE THIS ARTICLE

Jepang mengklaim bahwa tim ilmuwan mereka telah menciptakan hati manusia fungsional dari sel batang. Laporan tersebut menimbulkan harapan untuk pembuatan organ buatan bagi mereka yang membutuhkan transplantasi, seperti yang dilansir di nydailynews.com.

ilmuwan-jepang-ciptakan-hati-manusia-buatan-rev-1
Tikus percobaan. merdeka.com/Shutterstock

Tim ilmuwan mengatakan bahwa mereka mentransplantasikan sel induced pluripotent stem (iPS) ke dalam tubuh tikus. “Sel itu tumbuh menjadi hati kecil dan dapat bekerja,” kata Yomiuri Shimbun.

Sel batang sering dipanen dari embrio, sedangkan sel iPS memiliki potensi untuk berkembang menjadi setiap jaringan tubuh dan dapat diambil dari tubuh orang dewasa.

Sebuah tim yang dipimpin oleh profesor Hideki Taniguchi di Yokohama City University mengembangkan sel iPS manusia menjadi “sel-sel prekursor”, yang kemudian ditransplantasikan ke kepala tikus untuk mengambil keuntungan dari meningkatnya aliran darah.

Sel-sel itu tumbuh seukuran hati manusia 0,2 inci. Ukuran tersebut mampu menghasilkan protein untuk manusia dan tidak memerlukan obat, menurut Yomiuri. Terobosan ini membuka pintu untuk penciptaan organ tubuh buatan, yang berguna untuk mengatasi kekurangan donor transplantasi.

Penelitian ini bisa menjadi jembatan penting antara penelitian dasar dan aplikasi klinis. “Tetapi, ini masih harus melewati berbagai tantangan sebelum dimasukkan ke dalam praktek medis,” kata Yomiuri.

Hasil penelitian tersebut bisa menjadi secercah harapan bagi pasien yang membutuhkan transplantasi.

Source : merdeka.com
COMMENT