SHARE THIS ARTICLE

Setelah 9 tahun menghilang, ikan air tawar yang cantik dan langka, Itasenbara, keluarga Acheilognathus Melanogaster, akhirnya 11 Mei lalu ditemukan oleh masyarakat di Sungai Yodo (Yodogawa), Johoku, Wando-gun, Asahi-ku, Osaka, Jepang. Penemunya adalah seorang pelajar kelas 6 SD (usia 11 tahun) dari SD yang ada di Miyakojimaku, Osaka.

ikan-air-tawar-yang-cantik-dan-langka-itasenbara-ditemukan-di-osaka

Itasenbara adalah ikan asli untuk ciri dari Sungai Yodo. Tetapi mengalami penurunan tajam dalam perbaikan sungai sejak 1970-an. Selain itu, karena ikan asing yang lain juga meningkat. Setelah dikonfirmasi tahun 2005 hanya ada 506 ekor dan setelah itu masyarakat sekitar tidak melihat lagi ikan air tawar tersebut, menghilang.

Selama dua tahun (2009-2011) Pusat Penelitian Perikanan Osaka berusaha melestarikan dengan menyebar bibit ikan tersebut di tempat yang dirahasiakan di Yodogawa sekaligus meneliti lebih lanjut kemungkinan hidupnya.

Sejak 2011 hingga April tidak lagi kelihatan dan tak terdengar suara masyarakat yang melihatnya. Baru pada 11 Mei lalu seorang anak sekolah dasar berteriak dan menjadi ramai diberitakan lokal setempat sampai skala nasional, ikan air tawar yang langka itu ditemukan kembali di Sungai Yodo.

Sejak 2012 kelompok masyarakat membentuk grup pelestarian lingkungan hidup khususnya untuk memonitor siklus ikan-ikan langka di sana.

Sekitar Oktober tahun lalu dirilis sekitar 500 ikan eksotis ke sungai tersebut dan diharapkan musim semi ini berkembang menjadi sekitar 600 ekor ikan.

COMMENT