SHARE THIS ARTICLE
Icip-Icip Kuliner Khas Jepang (1)
Makanan khas Tokyo, Jepang (Foto: Thedailymeal)

Berlibur ke Jepang tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas negeri Sakura. Baru-baru ini, masakan Jepang dinobatkan UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda, sama seperti Prancis yang masakannya juga dinobatkan sebagai tradisi kuliner nasional.

Negeri Sakura menjadi salah satu destinasi favorit warga Indonesia. Jika Anda berlibur ke Jepang, jangan lupa mencicipi makanan yang berbeda di setiap daerah.

Dilansir dari Lonely Planet, berikut daerah-daerah di Jepang yang memiliki beragam macam kuliner.

Tokyo

Satu abad sebelum menjadi Ibu Kota Jepang, Tokyo sudah terkenal dengan makanan-makanan enak. Di Tokyo, Anda bisa menemukan berbagai macam hidangan yang sudah terkenal di seluruh dunia. Hidangan tersebut adalah sushi. Sushi berisikan potongan ikan mentah ditambah gulungan nasi, di mana dahulu dikenal dengan Edomae-Zushi, nama Edo yang merupakan nama lama sebelum berganti menjadi Tokyo.

Anda dengan mudah menemukan kios-kios sushi di Tokyo dan terkenal adalah Tsukiji. Walaupun terletak di pasar ikan kios, sushi tersebut sangat ramai dikunjungi dan rencananya 2015, Tsukji akan pindah lokasi ke Tokyo Bay.

Kyoto

Berkunjung ke Jepang, tak lengkap rasanya jika Anda belum mencicipi kaiseki ryori. Makanan ini biasa dihidangkan pada perjamuan khusus atau saat pesta. Anda bisa mencicipi makanan ini di restoran Nakamura. Anda juga bisa memesan kaiseki ryori dengan versi vegetarian yang lebih dikenal dengan shojin ryori di restoran Izusen, yang menghadap ke taman di kuil daiji-in.

Osaka

Takoyaki atau gola gurita bukan makanan yang baru lagi. Takoyaki memang berasal dari Osaka, kota terbesar kedua di Jepang itu juga terkenal dengan okonomiyaki. Pancake yang diisi dengan daging, cumi-cumi, irisan sayuran, dan dihiasi saus manis cokelat, mayones, bubuk rumput laut, dan serpihan tipis tuna kering.

Hakodate

Terletak di utara Jepang di Pulau Hokaido, tempat ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan. Makanan yang terkenal di Hakodate adalah hidangan mi, yaitu ramen. Ada juga barbekyu domba atau dikenal dengan Jingisukan.

Tidak hanya itu, ikan dan hidangan seafood di sini juga sangat terkenal, terutama kepiting dan salmon. Jika Anda mengunjungi pasar ikan di Hokadate, Anda akan dimanjakan dengan semangkuk mi yang di atasnya diberi potongan seafood yang segar.

Nagoya

Unagi atau belut panggang adalah salah satu makanan lezat dan Nagoya adalah tempat terbaik untuk Anda mencicipi unagi. Salah satu restoran terkenal di daerah ini adalah Atsuta Horaiken. Di mana unagi dimasak dengan savory saus dan dimakan dalam tiga cara yang berbeda, seperti gaya tradisional memakan unagi dengan nasi, taburan rumput laut kering, daun bawang dan wasabi, serta dicampur dengan sup.

Matsumoto

Mi soba di daerah Matsumoto memang sangat terkenal, di mana pengunjung rela antre demi mendapatkan seporsi mi soba sebelum toko tutup. Restoran mi soba di Matsumoto yang terkenal adalah kura, di mana mi soba disajikan dengan daging kuda.

Takayama

Icip-Icip Kuliner Khas Jepang (2)
Makanan khas Takamaya, Jepang (Foto: Thedailymeal)

Kota ini memang terkenal dengan pabrik-pabrik, tapi Takayama juga terkenal dengan makanan, yaitu sansai ryori. hidangan ini terbuat dari sayuran seperti pakis, daging sapi dicampur dengan pasta miso, dan panggang di arang.

Fukuoka

Fugu adalah salah satu makanan khusus dari kota utama pulau selatan Kyushu, yang terkenal dengan ikan. Jika Anda mampir ke kota ini, paling enak menikmati semangkuk ramen tonkotsu yang panas. Ada lagi hidangan yang menggunakan daging babi yang diberi kaldu dikenal sebagai hakata ramen. Tempat terbaik untuk menikmati mi bergizi ini ada di Yatai.

Takamatsu

Sanuki udon atau mi gandum putih biasanya disajikan polos yang dicelupkan dalam botol terpisah dengan ditambah bumbu seperti wasabi. Tempat yang bagus untuk menikmati sanuki udon ada di sebuah restoran yang terletak di sebuah rumah pertanian, yaitu waraya.

Naha

Pulau ini termasuk jauh dari Okinawa. Semua hidangan yang menggunakan daging babi sangat terkenal di daerah ini. Tapi tunggu dulu, bagi Anda yang muslim bisa mencicipi seafood yang terkenal enak di daerah ini. Anda bisa menemukan makanan-makanan enak tersebut di kios-kios atau pasar malam Dai-Ichi Kosetsu Makishi Ichiba di Ibu Kota Okinawa Naha.

Sources :
COMMENT