SHARE THIS ARTICLE

Minggu, 23 Maret 2014 merupakan awal dimulainya ajang balap motor paling bergengsi dan terkenal di dunia, yaitu MotoGP 2014. Hampir seluruh  negara di dunia mengirimkan wakilnya untuk membela tim masing-masing di MotoGP. Termasuk salah satunya adalah negara Jepang dengan pembalap bernama Hiroshi Aoyama.

Yuk kita telusuri, siapa sih sebenarnya Hiroshi Aoyama itu?

hiroshi-aoyama

Nama Lengkap : Hiroshi Aoyama
Tempat Lahir : Ichihara-shi, Chiba, Jepang
Tanggal Lahir : Minggu, 25 Oktober 1981
Zodiac : Scorpion
Warga Negara : Jepang
Saudara : Shuhei Aoyama

Pada umur 5 tahun, ayahnya mengenalkan Hiroshi pada dunia balap di kejuaraan Pocketbike. Berlatih selama setahun dan akhirnya ia mampu turun di kejuaraan Pocketbike. Tak hanya sampai di situ, Hiroshi kecil juga turun di ajang Motocross, Minibike maupun Dirt-Tracks.

Hiroshi memiliki adik kandung yang juga sesama pembalap motor bernama Shuhei Aoyama. Sama seperti adiknya, Hiroshi juga pernah turun di ajang World Grand Prix 250cc dan akhirnya ke pentas ajang MotoGP pada tahun 2010.

Hiroshi memulai karirnya di tahun 2000-2005 dengan kelas World Grand Prix 250cc bersama tim Honda. Lalu pindah tim di tahun 2006 bersama KTM sampai 2008 dan kembali ke tim Honda pada tahun 2009. Di Tahun 2009 inilah Hiroshi menjadi juara dunia di kelas 250cc bersama tim Honda Team Scot menggantikan rekan tim senegaranya yaitu Yuki Takahashi yang pindah ke kelas MotoGP. Musim 2009 berjalan dengan baik saat ia mencetak 4 kemenangan, 3 tempat kedua dan selalu mencetak poin di setiap seri balap. Pada balapan terakhir kompetisi Aoyama menjadi juara dunia.

800px-Hiroshi_Aoyama_2010_Silverstone
Aoyama pada saat melaju di Sirkuit Silverstone, Inggris tahun 2010

Pada tahun 2010, Hiroshi memulai debutnya di ajang MotoGP bersama tim Emmi Caffé Latte Team dengan menggunakan motor Honda RC212V. Namun di tahun itu juga, Hiroshi mengalami kecelakaan pada sesi practice di Silverstone, Inggris yang menyebabkan ia mengalami retak tulang punggung secara berkelanjutan dan membuatnya kehilangan banyak seri di musim itu.

Tahun 2011 secara konsisten Hiroshi selalu finish di urutan 10 besar. Hiroshi juga pernah mengganti posisi Dani Pedrosa yang saat itu cedera di seri GP Prancis dan digantikan oleh Hiroshi di seri TT Assen Belanda. Di tahun 2012, Hiroshi pindah ke ajang World SBK (Superbike) bersama Jonathan Rea bersama team Castrol Ten Kate Honda.

Tahun 2013 Hiroshi kembali ke MotoGP bersama tim CRT Avintia Racing. Namun juga kurang menguntungkan karena terganggu cedera yang melukai tangan Hiroshi pada saat di seri Barcelona.

Tahun ini, Hiroshi sangat antusias karena setim dengan Juara Dunia 2006, Nicky Hayden di tim Power Electronics Aspar dengan mempiloti motor baru Honda RCV1000R.

07aoyama_4gn_4925_slideshow
Pada saat di seri Losail, Qatar 2014

Ganbatte Hiroshi-san!


Source : motogp.com

COMMENT