SHARE THIS ARTICLE

Siapa yang tidak tahu Hello Kitty? Sosok boneka lucu berbentuk kucing betina berwarna putih itu sudah mendunia. Hello Kitty bahkan sudah berkunjung ke luar angkasa menggunakan satelit dari Jepang.

Balon dari tokoh kartun Hello Kitty melewati Central Park West dalam acara Macy's Thanksgiving ke 85 di New York, Kamis (24/11/2011). (REUTERS/Gary Hershorn)
Balon dari tokoh kartun Hello Kitty melewati Central Park West dalam acara Macy’s Thanksgiving ke 85 di New York, Kamis (24/11/2011). (REUTERS/Gary Hershorn)

Kunjungan istimewa itu merupakan bagian dari perayaan 40 tahun Hello Kitty, yang jatuh pada tahun 2014.

Namun, kejutan tidak berhenti sampai di situ. Produsen Hello Kitty, Sanrio, mengumumkan bahwa Hello Kitty sebenarnya bukan seekor kucing. Bahkan Hello Kitty tidak berasal dari Jepang.

Melansir laman Daily Mail, Hello Kitty, sebenarnya cerita mengenai seorang anak perempuan berusia 9 tahun yang berasal dari London, Inggris. Dia memiliki seorang saudara kembar, juga seekor kucing.

Fakta tersebut terungkap ketika antropolog Christine R Yano menyusun sejarah Hello Kitty untuk pameran restropektif 40 tahun Hello Kitty di Japanese American National Museum, Los Angeles, Amerika Serikat, 11 Oktober 2014 mendatang. Pameran akan berlangsung selama enam bulan hingga April 2015.

Saya mendapat koreksi dari pihak Sanrio yang menyebutkan bahwa Hello Kitty bukanlah seekor kucing, melainkan karakter kartun tentang seorang gadis kecil,” ucap Yano.

Yano menjelaskan bahwa Hello Kitty, sejak pertama kali dirilis 40 tahun lalu, bercerita mengenai kehidupan seorang gadis cilik bernama Kitty White yang penuh keceriaan. Istimewanya, Hello Kitty, tidak berasal dari Jepang, melainkan Inggris.

Dia tinggal di sebuah desa di luar London, Inggris,” kata Yano.

Hal tersebut, ungkap Yano, dilatari era di mana wanita Jepang tengah mendambakan kehidupan romantis ala wanita Inggris.

Sewaktu pertama kali diciptakan, wanita Jepang tengah tergila-gila akan segala yang berbau Inggris. Oleh karena itu, Hello Kitty atau Kitty White, diceritakan tinggal di London,” ujar Yano.

Sementara mengenai alasan mengapa Kitty White digambarkan sebagai kucing putih tanpa mulut, Yano tidak memaparkannya.

Di sisi lain, mengesampingkan sejarah Hello Kitty, kucing putih yang selalu mengenakan pita merah muda itu akan menuju ke luar angkasa, minggu ini. Sebuah boneka Hello Kitty berukuran 4 cm akan menumpang satelit Hodoyoshi-3 dan mengawasi bumi dari luar angkasa.

Fakta tersembunyi Hello Kitty

Nama: Kitty White
Tempat/Tanggal Lahir: London, 1 November 1974
Golongan darah: A
Nama saudara kembar: Mimmy White (mengenakan pita kuning)
Tinggi: Setara tumpukan 5 buah apel
Alamat rumah: Desa di luar London
Hewan peliharaan: kucing dan anjing laut

COMMENT