SHARE THIS ARTICLE

Pada hari Rabu (12/8), sebuah helikopter Angkatan Darat milik Amerika Serikat (AS) jatuh saat mendarat di sebuah kapal Angkatan Laut di Okinawa, Jepang. Menurut pejabat setempat tujuh orang terluka dan helikopter mengalami kerusakan.

helikopter-militer-as-jatuh-di-okinawa
Helikopter UH-60 Black Hawk yang mengalami kecelakaan di Kapal USNS Red Cloud. (Foto: Regional Coast Guard Headquarters – Japan Coast Guard/Handout via Reuters)

Seperti dilansir Japan Today, pasukan AS Jepang mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa penyebabnya jatuhnya helikopter sedang diselidiki. Helikopter H-60 itu sedang melakukan pendaratan di kapal kargo USNS Red Cloud sekitar 30 kilometer timur Okinawa. Seperti diketahui Okinawa adalah rumah bagi sebagian besar puluhan ribu tentara AS di Jepang.

Ada 17 orang yang berada di atas helikopter UH-60. Sebanyak 10 orang berhasil selamat, namun 7 orang mengalami luka-luka. “Yang terluka kemudian dilarikan ke rumah sakit Angkatan Laut. Kondisi mereka belum jelas. Untuk 10 orang lainnya yang di helikopter tidak terluka,” kata juru bicara penjaga pantai Jepang, Shinya Terada.

Siaran nasional Jepang NHK menunjukkan video yang mana helikopter tersebut berada di kapal kargo, dengan ekornya yang patah dan body-nya sebagian ditutupi dengan terpal oranye.

Insiden kecelakaan ini terjadi di tengah rencana relokasi pangkalan udara AS ke wilayah yang tidak terlalu ramai. Warga Okinawa sendiri sudah sejak lama menolak keberadaan puluhan ribu tentara AS dan instalasi militer mereka yang memenuhi sekitar 18 persen wilayah pulau tersebut.

Source : japantoday.com
COMMENT