SHARE THIS ARTICLE

Pemerintah Jepang mengumumkan bahwa sutradara anime Hayao Miyazaki terpilih sebagai salah satu dari 15 penerima penghormatan Pribadi Jasa di Bidang Kebudayaan pada hari Selasa. Juga menerima penghormatan ini adalah novelis Takashi Tsujii.

Hayao Miyazaki terkenal karena film-film animasinya yang diproduksi di bawah Studio Ghibli, seperti Princess Mononoke, Howl’s Moving Castle, dan Ponyo. Ia pun kini tengah dalam pengerjaan sebuah film animasi “dengan banyak pesawat terbang di dalamnya” yang diproyeksikan akan dirilis pada tahun 2013 mendatang.

Pemerintah Jepang memberi penghargaan kehormatan kebudayaan ini setiap bulan November untuk orang-orang yang memberikan kontribusi untuk budaya Jepang selama bertahun-tahun. Pemenang dari Orde Jasa Kebudayaan, urutan tertinggi, diberikan sendiri oleh Kaisar di Istana Kekaisaran pada tanggal 3 November – hari libur nasional yang disebut Hari Kebudayaan. Untuk tahun ini penerima Orde Jasa Kebudayaan termasuk Shinya Yamanaka, peneliti sel induk yang memenangi hadiah Nobel tahun ini di bidang Fisiologi atau Kedokteran.

Pencipta manga dan anime Leiji Matsumoto (Space Pirate Captain Harlock, Galaxy Express 999) juga menerima penghormatan Pribadi Jasa di Bidang Kebudayaan pada tahun 2001 silam, dan sesama pencipta manga Shigeru Mizuki (Ge Ge Ge no Kitaro) menerima penghargaan yang sama pada tahun 2010 lalu. Sutradara anime Tsutomu Shibayama (Doraemon) dan pengarah suara Susumu Aketagawa (Princess Knight, Akira) masing-masing juga menerima Penghargaan Badan Kebudayaan yang berbeda pada bulan September ini, sebuah penghargaan yang diberikan oleh Badan Jepang untuk Urusan Kebudayaan.

source : mainichi.jp

via : animenewsnetwork.com

additional pic : cmttorrevillas.wordpress.com

COMMENT