SHARE THIS ARTICLE

miyazaki-130902c

Hayao Miyazaki yang dikenal sebagai sutradara film animasi sekaligus pendiri Studio Ghibli, baru-baru ini mengaku hendak menerima penghormatan kepada dirinya untuk menghadiri ajang Governor’s Award yang merupakan bagian dari Academy Awards.

Dilansir dari Yahoo! News melalui Anime News Network, Rabu (5/11/2014), dalam menanggapi upacara yang akan digelar di Los Angeles itu, Miyazaki mengatakan bahwa menerima penghargaan adalah ‘suatu kehormatan’ baginya. Sekalipun jika bepergian dari Jepang ke Amerika Serikat menjadi hal yang ‘sedikit mengganggu’ baginya.

academy-post-new

Miyazaki sendiri sempat menolak untuk hadir di ajang pemberian Piala Oscar sebelumnya dengan tidak mendatangi ajang tahunan Academy Award ke-75 pada tahun 2003. Kala itu, film animasinya, Spirited Away dinominasikan hingga memenangkan kategori Best Animated Film.

Selain itu, Miyazaki juga pernah mengatakan bahwa ia tidak ingin mengunjungi negara yang membom Irak. Pihak Academy juga mengajak Miyazaki untuk bergabung pada Juni lalu hingga ia menerima tiga undangan, namun selalu ditolaknya.

sen-to-5265f3a4fca3237746aed3c16e28cafc

Governor’s Award menjadi perayaan bagi prestasi seumur hidup dari anggota industri film. Patung Oscar dari Honorary Award itu diberikan untuk menghormati perbedaan yang luar biasa dalam prestasi seumur hidup, kontribusi luar biasa untuk seni film dan ilmu pengetahuan, atau untuk layanan luar biasa bagi Academy.

Kini, Hayao Miyazaki telah pensiun dari bangku sutradara film sejak tahun lalu di usianya yang ke-73. Proyek animasi terakhir yang ia arahkan adalah The Wind Rises, sebuah film yang bertempat di era Perang Dunia ke-2. Akhir-akhir ini, ia sedang membuat film pendek animasi untuk Museum Ghibli.

Source : showbiz.liputan6
COMMENT