SHARE THIS ARTICLE

Makoto Hasebe yang sudah lama menjadi kapten di timnas Jepang dipastikan akan batal tampil di putaran final Piala Dunia karena cedera. Sementara Shinji Okazaki diragukan tampil karena suatu penyakit. Begitulah yang dilaporkan pelatih Alberto Zaccheroni pada hari kamis (5/6) lalu.

Makoto Hasebe
Makoto Hasebe

Di ajang partai persahabatan melawan Zambia, pelatih berkebangsaan Italia itu berkata bahwa Okazaki terkena demam karena kondisi lingkungan yang panas dan lembap. Terlebih lagi karena menggigil akibat pendingin udara dari hotel dimana tim menginap.

“Malah jika dia tak bermain besok, secara keseluruhan itu tak akan mempengaruhi kondisinya,” kata Zaccheroni lewat perantaraan seorang penerjemah.

Shinji Okazaki
Shinji Okazaki

Hasebe, yang diyakini mengalami cedera kaki,  tidak bermain saat Samurai Biru menang 3-1 atas kontestan Piala Dunia lainnya, Kosta Rika pada hari Senin. Gelandang bertahan berusia 30 tahun yang bermain di klub Nuremberg yang baru saja terdegradasi itu hanya akan duduk di bench Jumat nanti.

“Dia adalah pemain kunci, tapi sekarang cedera dan tengah berada dalam proses rehabilitasi. Saya tak ingin memaksakannya pulih secara terburu-buru,” kata Zaccheroni. “Semoga dia segera pulih. Kami sedang mencoba agar dia bisa tampil di pertandingan pertama Piala Dunia.”

Pertandingan pertama Jepang adalah melawan Pantai Gading pada 14 Juni mendatang. Lima hari setelahnya, mereka akan melawan Yunani. Berikutnya pada 24 Juni mereka akan menantang Kolombia.

Yasuyuki Konno, yang memulai debutnya dan bermain selama 61 menit melawan Kosta Rika, akan kembali menggantikan Hasebe, walaupun pemain-pemain lain juga punya kesempatan untuk menggantikan posisi Hasebe.

“Kami punya beberapa pemain yang bisa bermain di posisi berbeda. Jadi kami punya banyak opsi,” kata  Zaccheroni. “Kami akan melakukan perubahan posisi tergantung bagaimana pertandingan berlangsung.” 

“Jika mereka bermain bermain di posisi mereka, aku berharap 10o persen. Jika mereka memainkan posisi yang berbeda, harapanku 70-80 persen. Kami telah mengubah posisi di berbagai pertandingan berbeda dan hasilnya bagus. Jadi bukan ide baik untuk menetapkan pemain-pemain dalam satu posisi tertentu saja.” 

Penyerang AC Milan, Keisuke Honda merupakan kapten yang menggantikan Hasebe waktu partai melawan Kosta Rika. Dirinya dan penyerang asal klub Inggris Manchester, Shinji Kagawa bermain penuh selama 90 menit Senin kemarin. Dan Zaccheroni mungkin tidak akan memainkan mereka secara penuh di pertandingan lainnya, mengingat pelatih tersebut tengah mencoba untuk membantu para pemainnya agar berada dalam kondisi fit saat terbang ke Brazil Sabtu besok.

“Aku belum memutuskan, tapi mereka berada dalam kondisi yang lebih baik,” kata  Zaccheroni soal Honda dan Kagawa. “Kondisi pemain merupakan prioritas.”

“Saya akan menurunkan beberapa pemain yang belum begitu banyak bermain. Saya akan mengganti pemain tergantung bagaimana jalannya pertandingan nanti.”

Melawan Zambia, juara Piala Afrika 2012, merupakan ujian bagus bagi Jepang yang akan menantang Pantai Gading.

“Kupikir, mereka lebih atletis,” kata  Zaccheroni. “Saya akan berfokus pada skema dan taktik. Serta akan bereaksi pada lawan-lawan kami serta strategi yang mereka lakukan.” 

Zaccheroni memberikan kode bahwa dia akan menggunakan formasi 4-2-3-1 di Brazil nanti. Katanya, “Itu formasi terbaik kami. Kami mungkin akan memulai turnamen dengan formasi tersebut.”

Target pertama Jepang adalah lolos dari babak penyisihan grup untuk kedua kali, di mana sebelumnya kalah di babak enam belas besar saat melawan Paraguay pada Piala Dunia di Afrika Selatan.

“Kami akan mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk melangkah sejauh mungkin.” kata Zaccheroni.

Source : JAPAN TODAY

COMMENT