SHARE THIS ARTICLE

Pemerintah Jepang mengatakan untuk pertama kalinya harapan hidup pria Jepang naik di atas 80 persen pada tahun 2013. Namun, angka tersebut masih jauh jika dibandingkan harapan hidup perempuan Jepang.

japan women life expectancy
image: newsonjapan.com

Menurut data Kementerian Kesehatan Jepang seorang anak Jepang yang lahir pada tahun 2013 memiliki harapan hidup hingga 80,21 tahun, naik dari 79,94 tahun pada tahun 2012.

Sedangkan untuk umur rata-rata perempuan Jepang menjadi  86,61 tahun pada 2013, naik dari tahun sebelumnya yang hanya 86,41 tahun.

Hal ini membuat perempuan Jepang memiliki harapan hidup terlama di dunia untuk tahun kedua. Di tempat kedua adalah perempuan Hong Kong, yang harapan hidupnya 86,57 tahun.

Untuk Pria Jepang masuk dalam peringkat keempat dalam daftar umur panjang 50 negara utama di dunia. Jepang berada di bawah  Hong Kong, Islandia dan Swiss.

Masih ada ruang untuk peningkatan harapan hidup jika teknologi kesehatan mengalami kemajuan,” kata seorang pejabat kementerian kesehatan Jepang seperti dilansir AFP.

Data pemerintah yang dirilis pada bulan April menunjukkan populasi Jepang menyusut untuk tahun dengan jumlah orang tua sebanyak seperempat dari total populasi yang ada.

Proporsi orang berusia 65 atau lebih diperkirakan akan mencapai hampir 40 persen dari populasi pada 2060,” katanya.

COMMENT