SHARE THIS ARTICLE

Selama sepekan (16-23/8/2014), Bisnis.com mengikuti media trip program dari Mazda Corporations untuk menjajal generasi terbaru All New Mazda2, mengunjungi sejumlah tempat bersejarah di Jepang, hingga menikmati kuliner khas Matahari Terbit itu. Satu di antaranya Harajuku Fashion Street.

Gaya anak-anak muda Jepang di Harajuku. (tokyofashion.com)
Gaya anak-anak muda Jepang di Harajuku. (tokyofashion.com)

Harajuku adalah sebuah distrik di Shibuya, Tokyo, Jepang. Nama Harajuku sudah tenar sejak jaman dulu. Di tahun 1850-an, Harajuku adalah pos kota kecil strategis di daerah Kamakura Highway. Di Harajuku ini pula, Kaisar Meiji membangun kuil terkenalnya sebelum perang dunia kedua.

Mulai 1970-an, Harajuku berkembang menjadi pusat budaya dan fashion anak muda Jepang. Harajuku Fashion Street terbentang sepanjang stasiun Harajuku hingga Stasiun Omotesando. Di kiri-kanan jalan sepanjang 1 km itu, Anda bisa menjumpai jejeran butik dari merek ternama, kafe hingga restoran.

Mal paling terkemuka di sini adalah Omotesando Hills, dengan lebih dari 100 toko, kafe, restoran, hingga salon kecantikan. Lalu ada Oriental Bazaar, toko penjual suvenir terbesar di Tokyo. Ada juga Kiddy Land, toko mainan anak-anak paling terkenal di Tokyo.

Tak kalah menarik adalah Takeshita Street. Meski tak begitu lebar, jalan di sebelah kanan depan Stasiun Harajuku ini sangat ramai dengan pejalan kaki. Toko, kafe, restoran, hingga salon berjajar di sebelah kiri-kanan jalan ini.

Banyak pula anak-anak muda yang tengah berdandan, dan mejeng di sepanjang jalan ini. Gaya pakaian penuh dengan aksesoris dari ujung rambut hingga ujung kaki, dandanannya pun yang tampak ramai dan berwarna-warni.

Ada banyak nama untuk gaya pakaian mereka, mulai dari Lolita, Gyaru, Ganguro, Kogal, Bosozoku, Decora, Shironuri, Visual kei, Oshare kei, Angura kei, Cult party kei, Dolly kei, Fairy kei, hingga Mori girl. Itulah Harajuku’s Youth Culture.

Di kawasan Harajuku ada juga tempat-tempat lain yang menarik di kunjungi, seperti Meiji Jinggu Shrine, Yoyogi Park, Yoyogi National Stadium, Ura-Harajuku, Laforet Harajuku, Togo Shrine, Ota Memorial Museum of Art, dan Nezu Museum.

Tempat-tempat ini pula yang membuat Harajuku menjadi salah satu tujuan paling populer di Tokyo, baik untuk wisatawan domestik dan internasional.

COMMENT