SHARE THIS ARTICLE

 10150776_556874031078646_993902719311929536_n

Mengenai upaya global bagi penghapusan senjata nuklir serta penguatan kerja sama bilateral Menlu Marty Natalegawa mengadakan pertemuan bilateral dengan Menlu Jepang, Fumio Kishida. Jepang meminta pandangan RI mengenai hal ini.

Pembahasan ini dilakukan di sela-sela kunjungan Menlu Marty dalam menghadiri pertemuan internasional bagi penghapusan senjata nuklir dan perlucutan senjata (Non-Proliferation and Disarmament Institute / NPDI) di Hiroshima, Jepang, 11 April 2014.

Kehadiran Menlu Marty di Hiroshima adalah guna memenuhi undangan Menlu Jepang menjadi pembicara tamu pada pertemuan NPDI.

Walaupun Indonesia bukan negara anggota NPDI, namun negara-negara NPDI tertarik mendengar pandangan Indonesia mengenai penghapusan senjata nuklir, khususnya karena mengakui konsistensi sikap Indonesia dalam masalah ini,” pernyataan tertulis Kementerian Luar Negeri RI yang diterima Okezone, Minggu (13/4/2014).

Di samping itu, kedua Menlu juga bertemu guna membahas penguatan hubungan bilateral kedua negara. Antara lain, keduanya membahas penanganan beberapa isu di bidang ekonomi, serta peningkatan kerjasama kedua negara dalam mendukung perdamaian dan keamanan di kawasan Asia Pasifik.

Kedua Menlu mempertegas kembali komitmen untuk selalu memperkuat hubungan kedua Negara secara komprehensif dan sistematis, dan akan menjajaki kemungkinan penyelenggaraan pertemuan bersama Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan kedua negara dalam waktu dekat.

Pada kesempatan kunjungan di Hiroshima, di samping melakukan pertemuan-pertemuan tersebut di atas, Menlu Marty juga mengadakan pertemuan bilateral dengan Menlu Jerman Frank-Walter Steinmeier, dan mengikuti acara di Hiroshima Peace Memorial Monument.

Source : international.okezone.com
COMMENT