SHARE THIS ARTICLE

4a 3943_12

Hanatoro (花灯路, Hanatōro), yang berarti “bunga dan jalan bercahaya”, merupakan sebuah set event iluminasi yang mengambil tempat di Distrik Higashiyama di Kyoto, Jepang, pada bulan Maret, dan di Distrik Arashiyama di Kyoto pada bulan Desember. Selama periode Hanatoro, jalanan akan diiluminasikan dengan ribuan lentera yang ditempatkan di berbagai area populer dan dikombinasikan dengan display bunga dan cahaya.

Banyak kuil Budha dan kuil Shinto diiluminasikan pada event ini dan menambah panjang waktu operasional (dibanding hari-hari biasa). Sebagai tambahan, pertunjukan live dan street performance digelar di berbagai panggung dalam area tersebut. Atmosfir Hanatoro yang menyenangkan dan unik menarik perhatian banyak pengunjung yang dapat berjalan-jalan menyusuri jalur yang dihiasi iluminasi khusus dan melihat sisi lain dari Kyoto.

Hanatoro di Arashiyama

Jembatan Togetsukyo
Jembatan Togetsukyo

Arashiyama merupakan distrik yang menyenangkan yang berada di pinggiran Kyoto yang menggelar event Hanatoro-nya setiap bulan Desember. Selama 10 hari, jalan sepanjang lebih dari 5 kilometer di sekitar pusat distrik dan di sepanjang sungai dihiasi oleh lentera. Banyak kuil Budha dan kuil Shinto di area tersebut sengaja diiluminasikan secara khusus dan memperpanjang jam bukanya.

Diantara atraksi yang paling populer adalah Jembatan Togetsukyo yang ikonik yang membentang membelah sungai, dan hutan bambu di belakang kuil Tenryuji. Keduanya diiluminasikan selama Hanatoro dimana Jembatan Togetsukyo menjadi terlihat jauh lebih indah karena pegunungan disekitarnya pun mendapat efek dari iluminasi tersebut.

Hutan bambu
Hutan bambu

Hanatoro di Higashiyama

Pagoda Yasaka
Pagoda Yasaka

Selama periode Hanatoro di bulan Maret, jalanan di distrik Higashiyama Kyoto yang bersejarah akan dihiasi oleh lebih dari 2400 lentera yang membentang mulai dari Shorenin menuju ke Kiyomizudera. Hampir semua kuil Buddha populer dan kuil Shinto di distrik tersebut juga diiluminasikan secara khusus dan menambah panjang jam operasionalnya.

Panggung Hanabutai akan digelar di Kodaiji Temple Park dimana pertunjukan live music harian, tarian, dan penampilan lainnya diselenggarakan disana. Sebagai tambahan, area pertunjukan di depan pohon Sakura melambai (shidarezakura) di Maruyama Park dan Kiyomizudera disediakan untuk pertunjukan jalanan.

Banyak toko juga menambah panjang jam operasionalnya selama pelaksanaan Hanatoro, dan dalam kombinasi bersama event iluminasi, membuat suasana malam di kedua distrik tersebut semakin terasa menyenangkan dan akhirnya menarik lebih banyak orang untuk menjelajahi masing-masing area dibanding hari-hari biasa.

Jalanan di distrik Higashiyama
Jalanan di distrik Higashiyama
Source : Japan-Guide
COMMENT