Hakusui Entei, Salah Satu Bendungan Terindah di Jepang


Hakusui Entei, salah satu bendungan terindah di Jepang
(Featured image: allabout.co.jp)

Di Jepang, banyak terdapat dam atau bendungan, dari yang kecil sampai yang besar. Banyak di antara bangunan karya manusia yang berdiri di tengah alam ini yang keindahannya bagaikan tempat wisata. Salah satu di antara bendungan yang indah tersebut, terdapat Hakusui Entei yang terletak di Prefektur Oita, Kyushu, yang rasanya cocok disebut sebagai salah satu bendungan terindah di Jepang.

HAKUSUI ENTEI, BENDUNGAN KECIL YANG INDAH DI OITA

Bendungan Hakusui Entei
(Image: allabout.co.jp)

Hakusui Entei adalah sebuah bendungan yang terletak di Ogimachi yang dekat dengan kaldera Aso, di bagian barat kota Takeda, Prefektur Oita.

Nama resmi bendungan ini adalah Hakusui Tameike Entei, dan dibuat pada tahun 13 Showa (1938) untuk membendung aliran sungai Onogawa yang berasal dari kaldera Aso di Oita.
Ketinggian bendungan ini hanya 14 meter, oleh karena itu, secara hukum di Jepang tidak termasuk dalam klasifikasi dam, melainkan bendungan kecil.

BENDUNGAN YANG MENJADI HARTA NEGARA

(Image: allabout.co.jp)
(Image: allabout.co.jp)

Awalnya bendungan ini dibuat untuk mencegah kekeringan di wilayah Katagase dan Ogata-cho di kota Takeda. Awal zaman Showa dimana bendungan ini dibangun adalah masa awal digunakannya beton di Jepang, namun bendungan ini dibuat hanya dengan menumpukkan batu, dan hampir tidak menggunakan beton dalam pembuatannya.

Karena bendungan ini adalah adalah bendungan terbuat dari batu, yang dibuat di awal zaman Showa dan masih berfungsi hingga 60 tahun kemudian, pada tahun 2000, bendungan ini ditetapkan sebagai harta budaya oleh pemerintah Jepang.

KEINDAHAN BENDUNGAN HAKUSUI ENTEI

Tanah di daerah dibangunnya Hakusui Entei adalah tanah abu vulkanik yang tidak kuat, oleh karena itu, dalam pembuatannya bendungan ini didesain sedemikian rupa untuk meminimalisir erosi yang disebabkan oleh jatuhnya air.

(Image: allabout.co.jp)
(Image: allabout.co.jp)

Pada satu sisi bendungan ini, aliran air diatur membentuk lengkungan sehingga aliran airnya menabrak aliran air yang jatuh dari atas, sehingga mengurangi kekuatan airnya. Di sisi bendungan lain, dibuat berbentuk undakan tangga, sehingga air yang turun akan melewati tangga ini, dan mengurangi kekuatan jatuhnya air. Tidak hanya di kedua sisinya, air yang jatuh di bagian tengah dam ini pun diatur untuk jatuh terlebih dahulu ke kolam yang baru akan meneruskan aliran airnya di kala penuh.

(Image: allabout.co.jp)
(Image: allabout.co.jp)

Pemilihan cara-cara ini untuk meminimalisir erosi, sekaligus juga menyebabkan pemandangan jatuhnya air di bendungan ini menjadi indah, dan menjadikannya salah satu bendungan terindah di Jepang.

NAMUN…

Meskipun pemandangan bendungan ini indah, dan bahkan pernah digunakan sebagai lokasi iklan, namun tempat ini tidak menjadi obyek wisata. Alasannya adalah karena sulit untuk mencapai lokasi ini.

Tidak ada angkutan umum yang mencapai lokasi  ini, sehingga untuk mencapainya harus menggunakan mobil pribadi. Tempat parkir mobil pun hanya ada di lokasi 600 meter dari hulu aliran air, dan 100 meter dari hilir aliran air. Selain itu, jalan mobil untuk mencapai area tempat parkir tersebut pun hanya ada satu jalur. Selain itu, jalan setapak untuk mencapai lokasinya juga cukup rumit, sehingga orang yang tidak biasa mungkin dapat tersesat.

Selain itu, air di bendungan ini hanya mengalir jika airnya sedang meluap, sehingga jika datang pada saat bendungan ini kekurangan air, tidak akan dapat melihat airnya, sehingga akan terpaksa datang di kali lain.

Demikian beberapa informasi tentang bendungan yang mungkin bisa dinobatkan sebagai salah satu bendungan terindah di Jepang ini. Jika kalian berkesempatan mengunjungi kota Takeda di Oita, silakan sempatkan diri kalian untuk mengunjungi lokasi ini.

(Featured image: allabout.co.jp)

Source : allabout.co.jp

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
0
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Ii Ne Ii Ne
0
Ii Ne
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~

Hakusui Entei, Salah Satu Bendungan Terindah di Jepang

log in

Captcha!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in
Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini