SHARE THIS ARTICLE

chuka idakoHmmm nyam nyam…” Hampir bisa dipastikan kata-kata itu akan keluar dari mulut kalian ketika mencoba makanan Jepang yang satu ini. Berwarna merah menggoda, terbuat dari sekawanan gurita-gurita kecil yang imut, mengundang rasa penasaran setiap orang yang melihatnya, itulah Chuka Idako!

Bagi kalian yang tidak suka dengan makanan Jepang karena menganggap bahwa makanan Jepang itu kebanyakan tidak dimasak atau mentah, tenang saja, Chuka Idako adalah salah satu makanan Jepang yang 100% matang! Memang saat memakannya akan terasa seperti gurita itu masih mentah, namun gurita tersebut sudah direbus dan matang. Setelah direbus, gurita-gurita ini disiram dengan saus yang terbuat dari pasta kacang hitam, bawang putih, cuka, minyak wijen, gula, dan bahan lainnya. Chuka Idako siap untuk dihidangkan selagi hangat!

Untuk menikmati Chuka Idako, kalian bisa menambahkan wasabi untuk menambah sensasi pedas. Bagi kalian yang tidak menyukai wasabi tapi ingin Chuka Idako-nya terasa pedas, tambahkan cabai bubuk dan aduk rata. Dengan menambahkan cabai bubuk, warna merah dari Chuka Idako akan sangat menantang, begitu juga dengan rasanya!

Chuka Idako sendiri merupakan bahasa Jepang dari baby octopus atau bayi gurita. Apakah yang dimasak ini benar-benar bayi ataukah spesies gurita yang berbadan kecil? Setahu kita tidak ada spesies gurita yang berbadan kecil atau gurita kerdil, jadi ya, yang menjadi bahan utama Chuka Idako ini adalah bayi-bayi gurita.

Chuka Idako adalah makanan pembuka bagi masyarakat Jepang (ada juga yang mengatakan awalnya Chuka Idako merupakan makanan pembuka dari China). Selain di Jepang, gurita juga menjadi bahan makanan utama di berbagai negara seperti Korea, Spanyol, Italia, China, dan Yunani. Penyajiannya pun berbeda-beda. Di Korea, gurita dimakan hidup-hidup. Mereka menyukai sensasi gurita yang bergerak-gerak di lidah mereka. Sedangkan di Spanyol, gurita ditumis dengan potongan tomat. Ada juga yang menikmati gurita sebagai pelengkap pesta barbeque mereka.

Bagaimana? Tertarik untuk mencicipi para bayi-bayi gurita ini? Chuka Idako bisa ditemukan di restoran-restoran makanan Jepang, terutama restoran sushi. Selamat mencicipi!

Source : kusukasuka.com
COMMENT