SHARE THIS ARTICLE

Gotoku+Sakai+Japan+v+Belarus+International+ajbk9EY8rU6l

Gotoku Sakai adalah pemain tim nasional Jepang yang mempunyai darah Jerman dari ibunya yang seorang orang Jerman sedangkan ayahnya adalah orang Jepang. Ia lahir di New York, Amerika Serikat pada 14 Maret 1991 dan berposisi sebagai Full back kanan maupun kiri.

Dilahirkan di Amerika Serikat dan mempunyai darah Jepang-Jerman membuatnya bisa membela tim nasional Amerika Serikat, Jerman dan Jepang, namun pada akhirnya ia memutuskan untuk membela tanah kelahiran ayahnya dan bergabung dengan timnas Jepang.

Saat berusia 2 tahun ia pindah ke Jepang bersama keluarganya dan tinggal di Sanjo, Prefektur Niigata. Sakai mulai bermain bola di Sanjo Junior Soccer Club bersama saudara laki-lakinya Noriyoshi Sakai. Menginjak usia 15 tahun ia bergabung dengan tim junior Albirex Niigata yang merupakan klub anggota J-League, ia memulai debut bersama tim senior pada usia 17 tahun pada pertandingan Emperor’s Cup melawan FC Tokyo. Pada tahun selanjutnya ia pun dikontrak secara profesional oleh Albirex Niigata dan memakai nomor punggung 24. Tahun 2009 ia pun melakukan debut pada pertandingan pembuka J-League yang juga melawan FC Tokyo.

Pada 1 Januari 2012 ia memutuskan bermain di negara kelahiran ibunya karena klub Bundesliga Jerman VFB Stuttgart meminjam Sakai hingga Juni 2013 dengan opsi pembelian permanen. Sebulan kemudian Sakai melakukan debut melawan Herta Berlin di ajang Bundesliga dan timnya menang dengan skor 5-0. Di ajang Europa League ia berhasil mencetak gol pertama untuk VFB Stuttgart dan sekaligus gol pertamanya di Eropa untuk kemenangan 5-1 timnya atas Steaua Bucuresti.

Dengan semua prestasi yang telah dibuatnya untuk klub membuat pelatih timnas Jepang Alberto Zaccheroni memanggilnya membela Blue Samurai (julukan timnas Jepang) untuk berlaga di kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Asia dan saat ini ia pun kembali disiapkan untuk berangkat ke Brazil membela Jepang di Piala Dunia 2014.

Source : en.wikipedia.org
COMMENT