Gokutomo, Film Yang Mengisahkan Hidup Korban Salah Tuduh di Jepang


Gokutomo, Film Yang Mengisahkan Korban Tuduhan Palsu di Penjara Jepang

Gokutomo adalah film yang berasal dari kisah nyata tentang orang-orang yang dituduh atas beberapa kasus kriminal tingkat tinggi di Jepang oleh Kim Sung Woong, seorang sutradara film dokumenter yang terkagum-kagum setelah mendengar pernyataan dari seorang pria Shouji Sakurai yang dituduh telah melakukan pembunuhan tingkat tinggi.


Sangat disayangkan bahwa saya ditahan karena kejahatan yang tidak saya lakukan, namun itu tidak serta merta berarti bahwa saya tidak bahagia“. Saat mendengar pernyataan itu, Kim tengah menggarap sebuah film tentang Kazuo Ishikawa, seorang pria yang mencari pembebasan dari kasus yang terjadi lebih dari setengah abad yang lalu.

Dengan pertemuannya tersebut, akhirnya Kim terilhami untuk membuat film dengan judul Gokutomo (Friends in Prison) yang akan tayang di sebuah bisokop Tokyo pada bulan Maret mendatang.

Film ini akan menampilkan Sakurai (71) yang dipenjara selama hampir 30 tahun bersama dengan Takao Sugiyama dengan kasus sebuah perampokan pembunuhan tahun 1967 yang dikenal sebagai “Insiden Fukawa” sebelum pembebasan mereka pada tahun 2011. Sugiyama meninggal pada tahun 2015 dalam usia 69 tahun.

Tokoh utama lainnya adalah Toshikazu Sugaya (79) yang juga dibebaskan pada tahun 2010 dari pembunuhan seorang gadis di tahun 1990 atau yang lebih dikenal sebagai “Kasus Ashikaga” setelah menjalani hukuman seumur hidup lebih dari 17 tahun.

Ketiganya mendukung usaha Ishikawa (79) yang meminta persidangan ulang “Kasus Sayama” selama tahun 1963, di mana seorang siswa sekolah menengah berusia 16 tahun terbunuh di Sayama, perfektur Saitama. Dia divonis bersalah berdasarkan pengakuan sementara dan menghabiskan 30 tahun masa kurungan sebelum dibebaskan dengan pembebasan bersyarat pada tahun 1994.

Seniman kenamaan juga berkontribusi untuk film ini dengan membuatkan lagu untuknya. Penyair terkenal Shuntaro Tanikawa menulis liriknya, sementara penyayi pop populer Hitoshi Komuro membuat komposisi musiknya. Sementara itu, saksofonis jazz Akira Sakata, penyanyi rock Tsuyoshi Ujiki dan seniman terkenal lain juga berpartisipasi dalam proyek ini.

Sources :

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
5
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
1
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes