SHARE THIS ARTICLE

GO_Anilo 1st Gathering adalah acara gathering pertama Gombong Anime Lovers yang telah digelar pada hari Minggu, 15 Februari 2015 yang lalu bertempat di Bale Cafe Gombong (Belakang Bank BRI Gombong). Kata Go_Anilo sendiri merupakan kependekan dari Gombong Anime Lovers. Tujuan dari acara yang diketuai oleh Fajar N.H/Afzhar Takaishi ini adalah untuk menjalin silahturahmi bagi mereka yang menyukai anime dan JKT48 di kota Gombong, Kebumen, Cilacap dan Purwokerto.

GO_Anilo 1st Gathering dimeriahkan dengan berbagai acara seru seperti Nonton Anime Bareng, Flashmob Kokoro No Placard, Cosplay, Akustik, Cover Song, Cover Dance, Karaoke, Photosession, Talkshow, Kabaret, Hobist Exhibition, Quiz & Games dan Doorprize.

Di antara pengunjung yang hadir, juga ada berbagai komunitas yang turut datang meramaikan acara ini seperti Aozora Kebumen, KFC48 Kebumen, Harajuku Nation Purwokerto, Cosplayer Purwokerto, JKT48 Fansclub Cilacap, Natsu Dance Cover, Sahabat Anime Cilacap, Komunitas Anime Lover Cilacap, Gundam Colony, dan fans JKT48 Gombong serta Anime Lover Gombong sebagai tuan rumah.

GO_Anilo 1st Gathering gombong (1) GO_Anilo 1st Gathering gombong (7) GO_Anilo 1st Gathering gombong (13)Ada yang unik di acara ini, yaitu robot Gundam yang terpajang di halaman depan kafe yang menjadi pusat perhatian orang-orang yang lewat dan para pengunjung pun secara bergantian berfoto dengan Gundam milik komunitas Gundam Colony Kebumen tersebut.

GO_Anilo 1st Gathering gombong (11)GO_Anilo 1st Gathering dimulai dari pukul 10 pagi dengan registrasi penukaran tiket dan pembelian tiket on the spot, para pengunjung pun rela mengantri panjang. Para peserta cukup merogoh kocek sebesar Rp. 35.000 untuk dapat masuk ke area utama, dan itu sudah termasuk makan siang. Setelah open gate, acara berlanjut dengan nonton anime bareng, menonton konser 48 Family, yang diselingi waktu untuk istirahat.

GO_Anilo 1st Gathering gombong (10) GO_Anilo 1st Gathering gombong (3) GO_Anilo 1st Gathering gombong (2)Di area utama juga terdapat banyak stand, di antaranya stand yang menjual kaos anime, pernak pernik cosplay, action figure Gundam, juga merchandise 48 Family seperti poster, cd, dvd dan photopack. Acara berlangsung meriah dan hampir memenuhi main room saat masuk pada sesi perform.

GO_Anilo 1st Gathering gombong (9)Setelah makan siang ada pertunjukan stand up comedy dan talkshow dari komunitas Cakep (cita rasa kebaikan pelajar). Saat beberapa cosplayer berparade di atas panggung, para kameko atau fotografer pun langsung mengerubungi mereka.

GO_Anilo 1st Gathering gombong (8) GO_Anilo 1st Gathering gombong (12) GO_Anilo 1st Gathering gombong (6)Setelah parade cosplay, perwakilan dari komunitas dari 3 kabupaten lalu mengadakan sesi talkshow yang dipandu oleh Afzhar, yaitu ada Danu dari Aozora Kebumen, Heri dari KFC48, Alyn dari Natsu Dance Cover Purwokerto, Dai dari Hana Purwokerto , dan Pidi dari JKT48 Fansclub Cilacap.

Di acara Go_Anilo ini juga ada sesi workshop mangaka, dan mengundang salah satu admin dari Komunitas Mangaka Indonesia (KMI) dari Yogya yaitu Tommy Arditya.

Penampilan Wotagei kemudian ditampilkan oleh team Ka-Gei dari kabupaten Cilacap. Sedangkan Natsu menampilkan 3 dance cover. Dance cover lainnya ditampilkan oleh Wini dan Silva dari Harajuku Nation Purwokerto, kemudian dari KFC48 menampilkan dance cover Tenshi no Shippo dari JKT48. Jonathan Ryan lalu menampilkan solo piano dengan memainkan alunan musik dari lagu Ichiban no Takaramono ~ Yui final ver.

GO_Anilo 1st Gathering gombong (4) GO_Anilo 1st Gathering gombong (5)Acara berlanjut dengan cover song dari Kalam Indra dan Yusuf dari KFC48, Ren dari Cosplayer Purwokerto, Dai dari Harajuku Nation, Yuugata dari Aozora Kebumen, penampilan cosplay dari Fumio, Diana dari Aozora Kebumen, accoustic performance dari Akihiro Hikaru & Putri yang membawakan lagu One Ok Rock berjudul Wherever You Are, dan Akihiko Hikaru feat Yuli & Swari yang membawakan lagu YUI.

Kemudian di sesi terakhir ada photosession, pembagian doorpize, quiz tentang 48 Family dan juga otaku test. Untuk mencairkan suasana, saat sesi talkshow para perwakilan ketua bermain pocky game dan katakan cinta.

Acara berakhir pada pukul 17.30 yang ditutup dengan flashmob di jalan pelataran Bale Cafe dengan iringan lagu Fortune Cookies, Kokoro no Placard dan Heavy Rotation. Para pesertanya membawa papan penanda bertuliskan isi hati mereka masing-masing yang unik.

GO_Anilo 1st Gathering gombong (15) GO_Anilo 1st Gathering gombong (14)Target awal acara ini sebenernya hanya 60 orang namun di luar dugaan pesertanya membludak hingga 200 peserta karena yang berminat cukup banyak, bahkan ada cosplayer dari Jakarta yang pulang ke Gombong hanya untuk event Go_Anilo ini. Setelah selesai acara banyak yang mengirimkan sms yang mengatakan bahwa mereka ingin ada event seperti ini lagi, karena di kota kecil seperti Gombong masih jarang sekali event bertema Jepang seperti ini dan ini merupakan yang pertama kali di sana. Selain itu acara ini ingin mempromosikan kota Gombong dan Kebumen melalui cosplay, dan menunjukkan bahwa Kebumen juga mempunyai potensi muda-mudi yang kreatif dan juga wisata yang menarik.

Semoga tahun depan event serupa bisa kembali diadakan.

COMMENT