SHARE THIS ARTICLE

Keseruan konser I ♥ Anisong kembali hadir di Anime Festival Asia Indonesia (AFA ID) 2016 di hari pertama dan kedua (16-17/9). Dalam dua hari, konser khusus lagu-lagu anime ini menghipnotis para pengunjung. Tak tanggung-tanggung, ada 9 artis top anisong Jepang yang dibawa ke Indonesia untuk menghibur para pecinta anime tanah air di Hall B JI Expo Kemayoran, Jakarta.

gempuran-lagu-anime-artis-top-anisong-hebohkan-konser-i-%e2%99%a5-anisong-afaid-2016-2

Di hari pertama konser I ♥ ANISONG, antrian panjang sudah terlihat sebelum acara dimulai. Tepat pukul 7 malam konser dibuka dengan penampilan livetune+, yang pastinya sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta musik Vocaloid. DJ KZ langsung membuat seisi venue berjingkrak dengan mixing lagu-lagu Vocaloid seperti Tell Your World, Packaged, Senbonzakura, Hand in Hand, Step.

gempuran-lagu-anime-artis-top-anisong-hebohkan-konser-i-%e2%99%a5-anisong-afaid-2016-3

Setelah penampilan solonya, livetune+ pun hadir setelah sang vokalis Anna Yano muncul di atas panggung dengan single pertama mereka berjudul Milky Rally. Setelah lagu tersebut Yano-san menanyakan kabar para penonton yang dijawab dengan teriakan fans sehingga membuat acara semakin semarak. Lagu selanjutnya yang dibawakan berturut-turut adalah Sweet Clapper, Slow Pace dan Soft Touch dari album berjudul sama, Sweet Clapper.

gempuran-lagu-anime-artis-top-anisong-hebohkan-konser-i-%e2%99%a5-anisong-afaid-2016-5

Sebelum mengakhiri penampilan mereka, Yano-san menyampaikan terima kasih atas sambutan meriah yang diberikan pada konser kali ini. Akhirnya penampilan livetune+ ditutup dengan lagu Jump Up yang diiringi dengan lompatan para pengunjung konser I ♥ Anisong ini.

gempuran-lagu-anime-artis-top-anisong-hebohkan-konser-i-%e2%99%a5-anisong-afaid-2016-7
Sempat istirahat sejenak, konser dilanjutkan penampilan dara cantik dengan gaya rambut khas ponytail, Alisa Takigawa yang memulai debutnya sebagai pengisi ending lagu anime Nanatsu no Taizai. Alisa memulai penampilannya dengan lagu Sayonara no Yukue yang merupakan lagu tema penutup serial Nisemonogatari dan dilanjutkan dengan lagu Natsu no Hana. Setelah membawakan dua lagu, Alisa menyampaikan bahwa ini merupakan konser pertamanya di luar Jepang dan berterima kasih atas sambutan yang sangat meriah.

gempuran-lagu-anime-artis-top-anisong-hebohkan-konser-i-%e2%99%a5-anisong-afaid-2016-11

Di sela-sela sesi MC tersebut Alisa mengajak para penonton untuk menyanyi bersama lagu legendaris Kokoro no Tomo, yang ternyata hampir semua pengunjung konser bisa menyanyikannya bersama-sama. Alisa sangat terharu dan berkata bahwa dia tidak mau pulang ke Jepang. Penampilannya dilanjutkan dengan Iroasenai Hitomi yang merupakan lagu tema penutup anime Nanatsu no Taizai terbaru dan dilanjutkan dengan lagu berjudul Again. Sebagai lagu penutup, Alisa menyanyikan lagu debut berjudul Season dan melambaikan tangan sembari berjanji akan kembali ke Indonesia suatu saat nanti.

gempuran-lagu-anime-artis-top-anisong-hebohkan-konser-i-%e2%99%a5-anisong-afaid-2016-20
Setelah Alisa Takigawa, kali ini saatnya ELISA yang menghibur para penonton dengan suara khas soprano dan opera. Memulai dengan lagu REALISM dan Soba ni Iru Yo dari serial anime Valvrave the Librator, ELISA langsung membawa pengunjung untuk membayangkan serunya pertempuran robot. Lagu selanjutnya adalah Real Force, lagu tema dari anime To Aru Kagaku no Railgun yang sukses membuat suasana panggung semakin meriah dengan ditayangkannya video Misaka Mikoto, karakter utama dari anime tersebut.

gempuran-lagu-anime-artis-top-anisong-hebohkan-konser-i-%e2%99%a5-anisong-afaid-2016-23

Di sesi MC, ELISA dengan bahasa Inggris yang fasih menyampaikan bila ini adalah konser pertamanya di Indonesia dan mengucapkan apresiasi atas antusiasme pengunjung konser I ♥ Anisong. Kemudian penonton kembali dimanjakan dengan suara ELISA ketika ia menyanyikan lagu Mononoke Hime dari penyanyi asli Joe Hisaishi dengan acapela. Seketika ruangan konser menjadi syahdu diiringi dengan ayunan lighstick yang seirama dengan lagu.

Tiga lagu berturut-turut selanjutnya yang dia bawakan adalah Millenario (Ost. Mahouka Koukou no Rettousei), Rain or Shine (Ost. 91 Days) dan EONIAN (Ost. Rakuen Tsuihou – Expelled from Paradise). Penampilannya pun ditutup dengan lagu legendarisnya di tahun 2007, Euphoric field, yang merupakan lagu debutnya sebagai seorang penyanyi anisong dan membuat para penonton bernostalgia dengan anime lawas, ef: A tale of Memories.

Setelah penampilan ELISA, panggung mendadak menjadi gelap kemudian terlihat sebuah piano beserta pemusiknya dan seorang gadis berkacamata tampil begitu misterius. Siapa lagi kalau bukan Aimer. Penyanyi anisong misterius yang telah banyak terlibat dalam pembuatan lagu tema anime-anime epic ini tampil spesial secara akustik hanya diiringi dengan piano saja. Penonton langsung dibawa bernyanyi bersama dengan lagu tema anime Fate/Zero berjudul Brave Shine dan Last Stardust.

Suasana semakin ramai ketika Aimer melanjutkan dengan salah satu lagu barunya, Insane Dream dan langsung disusul dengan lagu tema anime epic lainnya, dari Gundam Unicorn, yaitu RE: I AM dan StarRingChild. Sebagai penutup penampilannya, Aimer menyanyikan lagu ninelie (Ost. Koutetsujou no Kabaneri) yang kembali membuat seisi ruangan konser bersenandung bersama.

Sebelum meninggalkan panggung dirinya mengucapkan terima kasih atas pengalaman yang tak akan dilupakannya pada pertama kali penampilannya di Indonesia. Selanjutnya Aimer juga berjanji akan kembali ke Indonesia dengan menggelar konser tunggal jika ada kesempatan.

gempuran-lagu-anime-artis-top-anisong-hebohkan-konser-i-%e2%99%a5-anisong-afaid-2016-26

Hari pertama konser I ♥ ANISONG AFA ID 2016 ditutup dengan penampilan penuh semangat dari motsu × KAYA. Grup musik kolaborasi DJ dan rapper ini tampil dengan setlist unik berisi lagu-lagu anime baru dan lawas sehingga penonton dapat menikmati alunan musik sembari bernostalgia. Lagu-lagu lama yang ditampilkannya antara lain CHA-LA HEAD-CHA-LA (Dragon Ball), Sousei no Aquarion (Aquarion), We Are (One Piece) dan Mezase Pokemon Master (Pokemon). Untuk anime-anime baru mereka membawakan lagu ZEN ZEN ZEN (Kimi no Na Wa), HERO (One Punch Man), Ai no Prison (Prison School), Beat Yor Heart (Bubuki Buranki).

gempuran-lagu-anime-artis-top-anisong-hebohkan-konser-i-%e2%99%a5-anisong-afaid-2016-31

Tak hanya itu, motsu juga mengajak dan mengajarkan untuk melakukan fire dance yang diiringi dengan mixing DJ KAYA. Selain itu lagu legendaris Kokoro no Tomo pun juga dinyanyikan lagi di konser ini tetapi dengan aransemen yang berbeda. Yang menarik, ada 1 lagu Indonesia yang dimainkan mereka, yaitu lagu dari JKT48 berjudul River.

gempuran-lagu-anime-artis-top-anisong-hebohkan-konser-i-%e2%99%a5-anisong-afaid-2016-32

Memasuki bagian akhir konser, motsu menyatakan bahwa kita bisa saling berbagi perasaan lewat anisong dan berteriak “ANISONG DAISUKI!” yang diikuti seluruh pengunjung konser. Konser I ♥ Anisong hari pertama pun berakhir dengan lagu Gumble Rumble dari grup musik M.O.V.E di mana motsu pernah menjadi personilnya.

Serunya konser I ♥ Anisong di acara Anime Festival Asia Indonesia (AFA ID) 2016 berlanjut di hari kedua dengan penampilan dari Bless 4, Lia, Maaya Uchida dan Nano. Berikut adalah foto-foto penampilan mereka di atas panggung.

gempuran-lagu-anime-artis-top-anisong-hebohkan-konser-i-%e2%99%a5-anisong-afaid-2016-39

gempuran-lagu-anime-artis-top-anisong-hebohkan-konser-i-%e2%99%a5-anisong-afaid-2016-40

gempuran-lagu-anime-artis-top-anisong-hebohkan-konser-i-%e2%99%a5-anisong-afaid-2016-41

gempuran-lagu-anime-artis-top-anisong-hebohkan-konser-i-%e2%99%a5-anisong-afaid-2016-43

gempuran-lagu-anime-artis-top-anisong-hebohkan-konser-i-%e2%99%a5-anisong-afaid-2016-44

gempuran-lagu-anime-artis-top-anisong-hebohkan-konser-i-%e2%99%a5-anisong-afaid-2016-47

gempuran-lagu-anime-artis-top-anisong-hebohkan-konser-i-%e2%99%a5-anisong-afaid-2016-46

Teks: Gesang Bekti
Foto: Official AFA 

COMMENT