SHARE THIS ARTICLE
Geminoid Sayonara Android - telegraph.co.uk
Image Source: telegraph.co.uk

Thanks to Japan, tampaknya dunia ini akan jadi semakin ‘mengerikan’ dengan semakin maraknya android dan robot yang ‘mengambil alih’ tugas manusia. Ya, mungkin ini sedikit berlebihan, tapi terus terang Mimin memang serem dengan sudah adanya android pendongeng, penyiar, guru, pemandu, Asuna dan Erica yang bisa dijadikan ‘teman ngobrol’, hingga Pepper si robot serba bisa yang bisa mengerti perasaan manusia. Dan, bagaimana jadinya kala Jepang lagi-lagi menjadi pelopor sebagai negara pertama yang ‘mempekerjakan’ android sebagai bintang film?

Geminoid Sayonara Android 1

Ya, Tokyo International Film Festival menayangkan sebuah film berjudul Sayonara yang ditulis dan disutradarai oleh Koji Fukuda. Namun, yang membuat film ini begitu mencuri perhatian bukan hanya dari salah satu bintang utamanya yang adalah orang asing, melainkan karena lawan mainnya adalah ‘seorang’ android.

Geminoid Sayonara Android 2

Dibintangi oleh aktris asal Amerika bernama Bryerly Long, ia berperan sebagai Tania, seorang wanita yang tinggal di pedesaan Jepang sebagai dampak radiasi insiden nuklir Fukushima pada tahun 2010. Padatnya evakuasi ke luar negeri lantas tak memungkinkan semua warga Jepang untuk segera meninggalkan daerah yang semakin berbahaya ini, termasuk Tania. Untungnya, ia tidak benar-benar sendirian, karena ada Leona, android yang telah membantu kesehariannya sejak ia masih seorang anak kecil dengan tubuh yang rentan terserang penyakit.

Geminoid Sayonara Android 3

Uniknya, Leona diperankan oleh android sungguhan bernama Geminoid F, ciptaan Hiroshi Ishiguro yang sebelumnya telah menciptakan Geminoid HI-2 yang didasari pada dirinya sendiri. Dalam film, sang android juga diperlakukan layaknya seorang aktris biasa, lengkap dengan biografi di situs resmi Sayonara yang menyebutkan bahwa Geminoid F lahir di Tokyo pada tahun 2010. Namun, meski bisa berbicara dan mengubah ekspresi wajah, android yang dikendalikan dari jarak jauh ini tak bisa berjalan, hingga dalam film, ia berperan sebagai android yang bagian lututnya rusak hingga harus duduk di atas kursi roda. Wah, kehadiran Geminoid F tentunya akan membuat orang-orang yang penasaran dengan aktingnya datang ke bioskop-bioskop Jepang pada 21 November mendatang, ya.

Geminoid Sayonara Android 5

Geminoid Sayonara Android 4

Source : en.rocketnews24.com
COMMENT