SHARE THIS ARTICLE
Maiko, Geisha Jepang, pun ikut kampanye untuk mempopulerkan Pemilu Regional Jepang minggu depan (Kyoto Shimbun)
Maiko, Geisha Jepang, pun ikut kampanye untuk mempopulerkan Pemilu Regional Jepang minggu depan (Kyoto Shimbun)

Pemilu regional Jepang berlangsung minggu depan, 12 April 2015. Seminggu sebelumnya dilakukan kampanye dan promosi agar masyarakat ikut serta sebanyak mungkin datang ke tempat pemilu minggu depan.

Salah satunya dilakukan pemda Kyoto dengan mengerahkan para Maiko atau Geisha Jepang yang berpromosi ke berbagai tempat, mengingatkan dan mengajak masyarakat ikut dalam pemilu tersebut.

Dewan Pemilu Kyoto mulai promosi kemarin (5/4/2015) ke berbagai tempat khususnya kemarin siang di Shijo Kawaramachi Shimogyo-ku, Kyoto.

Ayo datang ya dan sukseskan bersama pemilu minggu depan ya,” papar seorang Maiko dengan kimono cantiknya mempopulerkan penyelenggaraan pemilu untuk minggu depan.

Sekitar 50 orang Maiko berpartisipasi dalam acara sosialisasi tersebut dan diiringi musik daerah Kyoto sehingga menarik perhatian banyak orang termasuk para wisatawan.

Mereka juga dikawal oleh para polisi agar terjauhi dari tangan-tangan jahil atau suara-suara jahil karena cantiknya para Geisha tersebut.

Namun tak ketinggalan wisatawan yang melihat kesempatan langka itu akhirnya berfoto bersama dengan para Maiko yang cantik tersebut. Tentu saja tak dilarang dan dengan senang hati para wisatawan pun berfoto dengan mereka sambil sang Maiko pun berpromosi, “Datang ya jangan lupa ya pemilu minggu depan,” paparnya.

Tadashi Takaya seorang pimpinan pemilu setempat mengatakan, “Tampaknya minat masyarakat Kyoto saat ini meningkat untuk ikut pemilu dan perhatian kepada dunia politik juga semakin berkembang di sini,” paparnya kepada pers.

Source : tribunnews.com
COMMENT