SHARE THIS ARTICLE

Produk wearable device tak hanya menjadi dominasi vendor-vendor besar. Perusahaan rintisan pun ikut berinovasi membuat wearable device yang berbeda, salah satunya adalah kacamata pintar buatan startup Jepang, Fun’iki.

funiki google glass

Diberi nama Fun’iki Ambient Glasses, kacamata pintar ini memiliki diferensiasi dari Google Glass, yaitu dengan dipasangnya speaker serta lampu LED multi warna.

Speaker yang dimiliki bisa dipakai untuk mendengarkan musik digital. File musik tersebut bisa disimpan di dalam memori internal di gagangnya.

Sementara lampu LED yang dimiliki bisa menunjukkan notifikasi tertentu dengan kedipan dan warna yang berbeda. Notifikasi dengan warna itu akan ditampilkan di lensa kacamata.

Menariknya, pengguna bisa memasangkan kacamata pintar ini dengan perangkat iPhone yang dimiliki. Terdapat aplikasi iOS tersendiri yang bisa diunduh dari Apple App Store.

Dengan aplikasi tersebut, pengguna juga bisa mengatur warna atau suara notifikasi tertentu sesuai dengan keinginannya.

Selain menampilkan notifikasi warna, kacamata pintar ini juga bisa membaca pesan yang masuk dengan fitur text-to-speech yang dimiliki. Dengan demikian, pengguna tak perlu membuka pesan, kacamata pintar ini yang akan membacakan pesan untuk mereka.

Menurut Phone Arena (10/8/2014), saat ini, perusahaan rintisan Jepang tersebut telah mengumpulkan biaya lebih dari 30 ribu Dollar AS, dan perangkat pertama yang diproduksi akan mulai dikirim pada akhir tahun ini.

Lensa yang ingin digunakan dengan kacamata pintar ini juga bisa dipesan sesuai dengan resep dokter mata. Selain itu, terdapat SDK bagi pengembang yang ingin membuat aplikasi dengan Fun’iki.

Fun’iki Ambient Glasses bisa dipesan melalui website resminya, dengan banderol harga sekitar 230 Dollar AS belum termasuk ongkos kirim.

COMMENT