SHARE THIS ARTICLE

Stand by Me Doraemon, film 3D CG pertama yang dibintangi robot kucing anime Doraemon, akan diputar di 36 negara dan wilayah lainnya setelah ditayangkan di Jepang bulan lalu. Sebelumnya, staff telah mengumumkan 21 negara dan wilayah lain pada bulan lalu, sehingga jumlah terbarunya akan menjadi 57 negara dan wilayah.

Ke-36 negara tersebut adalah:

India dan negara sekitarnya:

India, Nepal, Pakistan, Bangladesh, Srilangka, Maladewa, Bhutan

Timur tengah:
Algeria, Afghanistan, Bahrain, Chad, Comoros, Djibouti, Mesir, Eritrea, Irak, Yordania, Kuwait, Lebanon, Libia, Mauritania, Moroko, Oman, Palestina, Qatar, Arab Saudi, Somalia, Sudan, Sudan Selatan, Syria, Tunisia, Uni Emirat Arab, Western Sahara, Yemen, Iran, Ethiopia

Negara dan wilayah lain di Asia yang sudah disebutkan sebelumnya antara lain Korea Selatan, Taiwan, Hongkong, Macau, Singapura, Malaysia, Brunei*, Vietnam, Thailand, Laos*, Kamboja*, Myanmar*, Filipina*, dan Indonesia. Negara dan wilayah lain di Eropa yang sudah diumumkan sebelumnya antara lain Italia*, San Marino*, Vatikan*, Malta*, Monako, Swiss*, dan Spanyol. Ini akan menjadi film Doraemon yang pertama di negara dan wilayah yang ditandai dengan tanda bintang (*).

Film ini diluncurkan pada tanggal 8 Agustus, dan pada hari ke-30 (8 September) tiketnya sudah terjual sebanyak 5.293.090 lembar dengan pendapatan 7.024.158.300 yen (kira-kira US$65,5 juta).

Duo mangaka Fujiko Fujio (Hiroshi Fujimoto dan Motoo Abiko) menciptakan Doraemon pada tahun 1969. Dalam cerita tersebut, robot kucing itu dikirim oleh seorang anak laki-laki di masa depan untuk menolong kakeknya yang malang, Nobita. Doraemon, Nobita, dan anak-anak lainnya berkutat dengan isu sehari-hari dalam dunia anak-anak, memecahkan (dan menyebabkan) masalah dengan bantuan alat-alat yang berasal dari kantong 4 dimensi Doraemon, dan memulai petualangan menembus ruang dan waktu.

Takashi Yamazaki (Returner, Always: Sunset on Third Street, Ballad, Space Battleship Yamato), 49 tahun; dan Ryûichi Yagi (Pénélope tête en l’air line director, Moyashimon 3D CG director), 48 tahun, mengarahkan film Doraemon ke-36 ini setelah sebelumnya berkolaborasi dalam film 3D CG panjang pertama di Jepang, Friends: Mononoke Shima no Naki. Yamazaki juga menulis skenarionya.

Source : animenewsnetwork.com
COMMENT