SHARE THIS ARTICLE

Festival Toka Ebisu, festival untuk kemakmuran bisnis di Jepang (1)
Di Osaka, kota yang dikenal sebagai kota pedagang yang terletak di wilayah Kansai Jepang, ada suatu festival yang disebut “Toka Ebisu,” di mana para pengusaha menerima jimat keberuntungan untuk kemakmuran bisnis agar menerima lebih banyak keberuntungan. Festival yang diadakan pada tanggal 10 Januari dan telah berlangsung sejak Periode Edo ini terutama diadakan di Imamiya Ebisu Shrine, sebuah kuil yang didedikasikan untuk Ebisu, dewa nelayan atau bisnis.

Festival Toka Ebisu, festival untuk kemakmuran bisnis di Jepang (2)

Seperti dilansir dari jpninfo.com, dalam festival yang biasanya dihadiri oleh lebih dari 1 juta orang ini terdapat “fukusasa,” cabang bambu pertanda utama keberuntungan yang oleh sekelompok maiko (geisha magang) dibuat menjadi kerajinan dengan dihiasi barang-barang keberuntungan seperti koin emas dan tas jerami. Saat para maiko menjual fukusasa, para miko (gadis kuil) melakukan suatu tarian. Selain itu berbagai lentera yang indah dan iringan musik juga ditampilkan di Festival Toka Ebisu ini.

Festival Toka Ebisu, festival untuk kemakmuran bisnis di Jepang (3)

Bukan hanya di dalam kuil saja, untuk menjual jimat atau barang keberuntungan ini kepada para penonton, Fuku-Musume yang dikenal sebagai “gadis keberuntungan,” beserta para geisha dan 600 selebriti, akan berparade turun ke jalan-jalan dalam acara yang paling ditunggu-tunggu, yaitu “Good Luck Palanquin Parade.” Untuk menjadi Fuku-Musume cukup sulit karena ada serangkaian audisi yang harus diikuti yang setiap tahunnya biasanya diikuti oleh ribuan wanita.

Selain orang Jepang, orang luar Jepang juga memiliki kesempatan lebih besar menjadi Fuku-Musume karena jumlah yang mendaftar lebih sedikit dari orang Jepang. Di festival ini biasanya wanita yang terpilih menjadi Fuku-Musume akan menerima banyak lamaran pernikahan. Jadi, kalau kalian akan pergi atau sedang berada di Osaka pada tanggal 10 Januari, jangan lewatkan festival menarik ini!

Source : jpninfo.com
COMMENT