SHARE THIS ARTICLE

Jepang memiliki banyak sekali event menarik yang sangat sayang jika dilewatkan. Salah satu event tersebut ialah Hanabi Taikai yang kerap ditunggu para turis lokal maupun mancanegara. Hanabi bermakna kembang api dan Taikai bermakna pertemuan besar. Sehingga gabungan keduanya mengandung makna “festival pertunjukkan kembang api”.

Hanabi takai2

Disarankan ketika Anda hendak mengunjungi festival ini harus direncanakan jauh-jauh hari supaya bisa melihatnya dari jarak terdekat. Mengingat pengunjung festival ini sangat banyak, terutama didominasi oleh warga lokal. Kalau telat sedikit saja maka dipastikan Anda tak akan dapat menyaksikan tembakan kembang api ke udara dari jarak sempurna.

Hanabi takai3
Biasanya festival ini diselenggarakan berbarengan dengan musim panas di Jepang yakni pada Juli sampai Oktober. Akan terdapat ratusan Hanabi Taikai yang bisa disaksikan di seluruh penjuru Jepang. Acara tersebut dirayakan secara besar-besaran. Kurang lebih disiapkan sekitar 30.000 kembang api yang akan menghibur pengunjung lebih kurang 60 sampai 90 menit. Memang disediakan banyak tempat untuk menyaksikan Hanabi Taikai ini namun kalau datangnya kalah cepat maka dijamin tak akan kebagian tempat.

Yang menarik bahwa Anda bisa mengklaim tempat untuk menyaksikan perayaan kembang api sekalipun di malam sebelumnya. Warga Jepang terkenal dengan disiplinnya yang tinggi. Jadi kalau saja Anda meletakkan tikar di suatu tempat pada malam sebelumnya, maka mereka tidak akan memindahkannya. Meskipun sangat aman, pihak kepolisian Jepang tetap disiagakan untuk berjaga-jaga karena dikhawatirkan terjadi hal yang tak diinginkan.

Hanabi takai4

Yang juga tak kalah menariknya ialah gaya berpakaian orang-orang yang datang ke festival ini. Meskipun presentasinya cukup kecil namun gaya mereka cukup mencolok. Terutama perempuan yang senang tampil dengan hanya menggunakan yukata warna-warni berwarna terang. Yukata yang mereka gunakan tidak terlalu mahal (di bawah 4000 Yen). Kehadiran mereka cukup menyemarakkan suasana yang sangat padat dan menjadi hiburan tersendiri bagi pengunjung sambil menunggu meletusnya kembang api.

COMMENT