SHARE THIS ARTICLE

Festival Songkran adalah salah satu cara merayakan tahun baru di negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand. Dalam festival tersebut kita bersuka ria menyiram satu sama lain dengan air dengan harapan hal tesebut akan menyehatkan kita dan mendatangkan panen yang melimpah.

Di Jepang, hal itu hanyalah salah satu cara yang menyenangkan supaya kita tidak kepanasan.

Mereka yang dekat dengan ibukota dapat merasakan pengalaman festival Asia Tenggara di kota Saitama ketika Songkran versi mereka – Festival Mizukake dan World Festa – berlangsung pada tanggal 10-12 Agustus di sekitar Saitama Super Arena.

Acara ini mulai diselenggarakan pada tahun 2002. Pengunjung diperbolehkan bermain selama 90 menit dalam air dan saling membasahi hingga tubuh kita benar-benar basah. Setelahnya, ruang lingkup perayaan tersebut diperluas di luar Asia Tenggara saat penari menarikan tari-tarian tradisional dari berbagai negara seperti Hawaii,India, Cina dan Spanyol. Pedagang penjual makanan juga mulai bermacam-macam jenisnya dan hidangan dari sekitar 20 negara yang berbeda akan tersedia, termasuk makanan khas Thailand, Perancis dan Jamaika.

Suhu di Saitama dan sekitarnya mencapai di atas 30 derajat Celcius di siang hari, sehingga menyemprotkan air pada teman dan keluarga dapat menjadi pereda panas yang baik. Untuk mereka yang mencoba untuk menghemat listrik di tengah setsuden (penghematan energi) saat ini, tren ini dapat menjadi sebuah alternatif daripada menyalakan AC. Para penghemat air, bagaimanapun, tidak akan senang dengan hal ini.

Sumber : japantimes.co.jp

COMMENT