SHARE THIS ARTICLE

Fenomena aneh terjadi di lautan Jepang. Ada sebuah pulau yang muncul dari dalam laut kemudian tubuh makin besar usai terjadi letusan gunung berapi di daratan mencuat tersebut.

Pulau dari dalam laut itu semakin berkembang setelah tak terduga bergabung dengan pulau di sebelahnya.
Pulau dari dalam laut itu semakin berkembang setelah tak terduga bergabung dengan pulau di sebelahnya.

Niijima, nama pulau itu, semakin berkembang setelah tak terduga bergabung dengan pulau di sebelahnya, Nishinosima. Pulau misterius itu masuk wilayah Tokyo, meski letaknya cukup jauh dari pesisir.

kini, ukuran pulau yang berada di Kepulauan Ogasawara tersebut adalah 2.290 meter persegi, 49 kali lebih besar dari Tokyo Dome, stadion bisbol berkapasitas 55.000 tempat duduk di Bunkyo, Tokyo, Jepang.

Badan Pesisir Maritim Jepang (JCG) melaporkan pada Kamis 25 Desember lalu, telah terjadi muntahan dari kawah gunung berapi di pulau tersebut yang diduga menjadi pemicu bertambahnya ukuran daratan it.

Gunung di pulau itu memuntahkan lava ke bagian selatan pulau, sebanyak 5-6 kali,” demikian kata JCG, seperti dimuat Liputan6.com dari The Japan News, Minggu (28/12/2014).

Pulau Niijima awalnya muncul dari dalam laut setelah gunung di dalamnya meletus, pada 20 November 2013 lalu. Mula-mula, diameter gunung api itu hanya sekitar 150 meter, dan ukuran pulau sekitar 300×200 meter.

Kemudian pada Maret 2014, berdasarkan citra satelit, Pulau Niijima diketahui telah bergabung dengan Nishinosima. Ukuran gabungan itu menjadi 1.000 meter persegi. Ketinggian pulau juga naik menjadi 60 meter di atas permukaan laut, dan kini menjadi 110 meter di atas permukaan laut.

Menurut CJG, fenomena ini merupakan yang kali pertama sejak tahun 1974-1974, yang juga pernah terjadi hal serupa, di mana sebuah pulau muncul dari laut setelah letusan gunung.

Juru bicara Pemerintah Jepang Yoshihide Suga menyatakan pihaknya menyambut baik jika pulau tersebut benar-benar bisa permanen dan bisa dihuni manusia. “Kita senang jika nantinya itu bisa permanen,” ujar Suga, seperti dimuat Live Science.

Kejadian serupa juga terjadi tahun 2013 lalu. Sebuah pulau baru yang serupa muncul di lepas pantai Pakistan. Hanya setengah jam setelah bumi berguncang hebat akibat gempa 7,8 skala Richter, pada Selasa 24 September 2013, kejutan lain menanti warga kota pesisir Gwadar. Mereka melihat pulau baru muncul di laut, hanya 1 kilometer dari pantai.

Source : news.liputan6.com
COMMENT