SHARE THIS ARTICLE

Sushi dengan beragam modifikasinya populer di dunia. Rasa dan kualitasnya juga beragam. Ada banyak fakta soal sushi yang menarik untuk diketahui. Dari sushi chef hingga sushi tradisional.

Foto: Thinkstock
Foto: Thinkstock

Buat penggemar sushi, fakta-fakta ini menarik untuk disimak.

1. Naresushi

Foto: Thinkstock
Foto: Thinkstock

Sushi tradisional dikenal sebagai narezushi yang pertama kali dikembangkan di Asia Tenggara dan menyebar ke Tiongkok Selatan sebelum diperkenalkan ke Jepang sekitar abad ke-8.

Sebelum disajikan menjadi sushi, ikan disimpan dalam nasi yang difermentasi sehingga dapat bertahan untuk waktu yang lebih lama. Nasi yang difermentasi kemudian dibuang dan hanya diambil ikannya saja. Sushi jenis ini menjadi sajian yang tinggi akan sumber protein bagi masyarakat Jepang.

2. Sushi chef perlu dilatih minimal 2 tahun

Foto: Thinkstock
Foto: Thinkstock

Dalam proses pelatihan, Sushi chef (itamae) hanya dapat bekerja di sebuah restoran Jepang setelah menjalankan pelatihan selama 10 tahun. Akan tetapi kini, sushi chef mulai bekerja setelah pelatihan selama 2 tahun.

3. Tuna bluefin paling populer

Foto: Thinkstock
Foto: Thinkstock

Secara umum, sushi memang selalu dipadukan dengan ikan segar atau seafood. Sekitar 80 persen dari Tuna Bluefin ditangkap dari seluruh dunia hanya untuk  dibuat  sushi dan sashimi. Dalam kamus Jepang ‘Sushi‘ berarti ikan yang direndam dalam fermentasi nasi. Namun, kepercayaan masyarakat adalah nasi yang disajikan dengan ikan mentah.

4. Ikan perlu diolah dengan benar

Foto: Thinkstock
Foto: Thinkstock

Seperti yang dilansir foodworldnews (30/10/2014) The United States Food and Drug Administration dan European regulatory menyarankan untuk membekukan ikan pada suhu tertentu sebelum dimakan agar parasit mati. Di Jepang, Sushi chef sangat terlatih untuk menjaga kesegaran ikan untuk mencegah kontaminasi dan parasit.

5.Restoran sushi bersertifikat

Foto: Thinkstock
Foto: Thinkstock

Kementerian Pertanian Jepang memiliki peraturan dengan membuat sistem sertifikasi di restoran Jepang di luar negeri. Hal ini terutama ditujukan untuk mendapatkan standar Sushi berdasarkan kualitas Jepang. Kementrian mengklaim, tujuan mereka adalah untuk menyebarkan budaya gastronomi Jepang yang benar dan meningkatkan keandalan makanan di negara luar.

6. Sushi bluefin paling mahal

Foto: Thinkstock
Foto: Thinkstock

Sushi bluefin tuna paling mewah dijual dengan harga $ 396.000 atau sekitar Rp 4.957.900 dengan 342.009 kg ikan yang dibuat pada tanggal 4 januari 2011 di Pasar Ikan Tsukiji Tokyo. Ini memecahkan rekor pertama sushi bluefin Tuna siap dengan harga $ 173.600 atau sekitar Rp 2.173.463 untuk 201.395 kg ikan pada tanggal 5 Januari 2001.

Source : food.detik.com
COMMENT