[Exclusive Interview] I Don’t Like Mondays, Band Rock Jepang yang Beranggotakan 4 Pria Ikemen


I Don't Like Mondays
I Don't Like Mondays (dari kiri ke kanan: Yu, Shuki, Choji, Kenji)

I Don’t Like Mondays merupakan band rock Jepang yang berbasis di Tokyo. Band ini dibentuk pada tahun 2012 dan menandatangani kontrak rekaman bersama Nippon Columbia sejak tahun 2014. Mereka juga menyingkat nama band mereka menjadi IDLMs. Anggotanya berjumlah 4 orang, mereka adalah Yu (vokalis),Choji (gitaris), Kenji (bassis), dan Shuki (drummer).


Pada bulan Mei ini, I Don’t Like Mondays telah diundang menjadi salah satu bintang tamu dari Stellar Fest,  sebuah festival band di Jakarta. Dalam kunjungannya tersebut, tim Japanese Station diberi kesempatan untuk berbincang-bincang bersama keempat anggota band yang tampan ini. Kira-kira seperti apa sih keseruan wawancaranya? Yuk simak di bawah ini!

Mengapa kalian menamakan band kalian sebagai I Don’t Like Mondays?

Yu: Hari Senin adalah hari dimana kita semua harus pergi ke sekolah dan bekerja setelah melalui hari weekend yang menyenangkan. Sehingga kami semua tahu bahwa seluruh orang di dunia merasakan hal yang sama, bahwa kita semua membenci hari Senin. Oleh karena itu kami menamakan band ini I Don’t Like Mondays. 

Shuki: Ketika kami pergi tur ke luar negeri, kami mendapatkan keuntungan dari nama band kami. Nama ini sangat mudah diingat oleh semua orang, bahkan seringkali kami mengobrol dengan orang-orang yang sama-sama membenci hari Senin.

Bagaimana band ini terbentuk?

Yu: Pertama kali saya bertindak sebagai manajer, dan seorang gitaris yang merupakan leader dari band ini mengundang Kenji dan Shuki untuk bergabung. Sayangnya dia dan vokalis keluar dari band, sehingga akhirnya saya bergabung dengan band ini dan mengundang Choji untuk bergabung juga.

Shuki: Pada awalnya kami tidak begitu serius dengan band ini. Namun setelah Choji masuk, akhirnya kami memutuskan untuk melakukannya dengan serius. Kita semua tidak tahu sama lain sebelum berkumpul di band ini dan kami juga tidak memiliki apapun saat memulainya. Tetapi kami fokus dan percaya bahwa kami bisa melakukannya. Kami hanya memiliki kepercayaan diri untuk melalui semuanya.

I Don’t Like Mondays dikenal sebagai Ikemen Band, bagaimana menurut kalian mengenai anggapan ini?

Choji: Kami tidak berfikir bahwa kami adalah band pria tampan. Saya hanya ingin memainkan musik dan tidak peduli akan penampilan.

Yu: Ya, kami tidak peduli tentang hal itu. Saya tidak peduli dengan wajah, tentu saja kami peduli dengan musik, namun kami juga berfikir bahwa kami tertarik terhadap fashion. 

Mengapa kalian lebih memilih aliran musik yang catchy dan groovy dibandingkan aliran pop?

Choji: Karena kami masuk ke band ini setelah beranjak dewasa.

Shuki: Ya, kami telah benar-benar dewasa dan berumur lebih dari 20 tahun.

Yu: Kami berempat juga sangat menyukai musik ala tahun 80-an, kadang juga musik tahun 90-an, sehingga itu semua memberi pengaruh terhadap style musik kami.

Kenji: Gaya bermusik saya dipengaruhi oleh band OASIS.

Shuki: Saya lebih dipengaruhi oleh band KORN. Meskipun saya tidak membuat lagu yang seperti mereka, saya selalu mendengarkan lagu-lagu mereka.

Yu: Bagi saya adalah Michael Jackson. Kami semua sangat menyukai lagu punk tahun 80-an dari Amerika. Oleh karena itu, aliran musik kami seperti yang sekarang ini.

Bisakah kalian ceritakan mengenai fanbase kalian yang bernama Friday Lovers?

Yu: Kami menamakannya Friday Lovers karena kami sangat menyukai pesta. Juga karena nama kami adalah I Don’t Like Mondays, itu berarti kami harus bersenang-senang di hari Jumat.

Di Jepang, aliran musik pop khususnya idol menduduki posisi tertinggi di peringkat musik Jepang. Bagaimana caranya kalian bertahan dalam kondisi ini?

Shuki: Memang benar bahwa semua orang berhak untuk mendengarkan lagu apa yang ingin mereka dengar, namun bagi kami yang memiliki aliran musik yang tidak terlalu nge-band, ingin untuk agar orang yang tidak terlalu menyukai musik band dapat mendengarnya dengan mudah. Saya tidak terlalu peduli dengan apa yang orang lain dengarkan, saya hanya ingin memperkenalkan musik yang memang ingin didengarkan oleh para penggemar salah satu aliran musik.

Yu: Kita tidak terlalu peduli dengan pasar musik Jepang. Kami hanya ingin menciptakan lagu.


Choji: Musik idol juga memerlukan waktu yang cukup lama untuk menjadi mainstream seperti saat ini, namun itu berarti musik kami juga akan mengalami hal yang sama, musik kami akan populer bila waktunya telah tiba.

I Don’t Like Mondays (dari kiri ke kanan: Yu, Shuki, Choji, Kenji)
Sebelum kalian kesini apakah kalian pernah mendengar sesuatu tentang Indonesia?

Shuki: Sebenarnya ini adalah kedua kalinya kami datang untuk mengisi sebuah event.

Choji: Mendengar Indonesia, saya teringat akan Bali. Sebetulnya kami pergi ke Bali minggu lalu.

Yu: Kakak saya juga membuka restoran di Jakarta. Sehingga saya sudah akrab dengan Indonesia.

Apa yang kalian pikirkan mengenai Indonesia?

Yu: Indonesia selalu terasa seperti musim panas bagi saya. Indonesia juga memiliki makanan yang pedas.

Shuki: Orang-orang di sini lebih terkesan bebas dibandingkan orang Jepang yang selalu strict. Di Jepang, semua orang harus bekerja dengan sangat keras.

Yu: Setelah saya datang ke Jakarta, saya merasa Jakarta sangat memiliki kesan kekotaan, lebih daripada yang saya bayangkan. Bahkan klub yang kami datangi memiliki DJ dan interior yang lebih bagus dan stylish dibandingkan yang ada di Jepang.

Bisakah kalian menjelaskan konsep kalian sebagai sebuah band? Karena penampilan kalian di MV terlihat sangat berkelas, bahkan ketika memakai basic outfit sekalipun.

Yu: Kami sangat menyukai konsep yang seperti playboy dan terkesan komedi. Kami juga yang menyutradarai MV kita sendiri, sehingga kami dengan bebas menentukannya.

Choji : Kami mencocokkan lagu dan MV dengan konsep yang mudah diterima oleh para pendengar.

Setiap tahun kalian selalu merilis setidaknya satu rekaman. Bagaimana caranya kalian meluangkan waktu untuk membuatnya setiap tahun? Apakah Anda membatasi jadwal panggung kalian?

Shuki: Kami memiliki jadwal yang tetap tiap tahunnya, kami membuat film, mempromosikannya, pergi tur, lalu kembali untuk membuat lagu. Kami tidak pernah membatasi jadwal panggung kami, karena kita sudah memiliki jadwal kami sendiri.

Yu: Meskipun kadang itu sulit, tapi kami harus melakukannya.

Apa makanan Indonesia yang paling kalian sukai?

Yu: Nasi Goreng

Shuki: Nasi Goreng

Choji: Sate

Kenji: Nasi Goreng

Yu: Karena nasi goreng sangat cocok dengan selera orang Jepang yang memiliki rasa yang manis.

Apakah kalian mendengarkan musik Indonesia sebelumnya? Atau kalian sudah punya musisi favorit di sini?

Yu: Kami bertemu dengan seorang penyanyi wanita bernama Brianna Simorangkir dan Bisma. Kami bertemu mereka 2 tahun yang lalu di Indonesia.

Apa rencana kalian dalam 5 tahun ke depan?

Choji: Kami ingin melakukan tur dunia.

Yu: Ya kami ingin melakukan tur dunia dan kembali ke Jakarta secepatnya. Seperti memiliki tur Asia dan salah satunya di Indonesia.

Choji: Saya ingin seperti band rock Thailand yang bernama Slot Machine yang bisa tampil di Jepang. Maka kami juga ingin melakukan hal yang sama seperti mereka.

Jika ada kesempatan, apakah kalian ingin berkolaborasi dengan musisi Indonesia?

Shuki: Sebenarnya kami pernah membuat video bersama Bisma. Namun itu tidak berhasil, sehingga kami ingin melakukannya lagi. Suatu saat nanti kami juga ingin berkolaborasi dengan Rich Chigga.

Apakah ada sepatah dua patah kata untuk para fans di Indonesia?

Yu: Terimakasih telah mengundang kami ke Indonesia. Kami ingin bisa kembali lagi ke Indonesia secepat mungkin atau untuk tur dunia kami. Jadi tunggu kami di event selanjutnya ya!

Dengan berakhirnya pertanyaan di atas, berakhir juga sesi tanya jawab dengan band Jepang yang satu ini. Bagaimana menurut kalian? Apakah kalian semakin ingin mengenal mereka? Yuk cek situs resmi mereka di sini!


What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
1
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
3
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~
gaemgyee

Harmony Whisperer || Lunatic Dreamer || Wishful Thinker || Part Time Traveler

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes