SHARE THIS ARTICLE

Pada kesempatan kali ini di NicoNico Chokaigi 2017, Tim Japanese Station mengadakan wawancara eksklusif dengan The World Standard / Wa-Suta (わーすた), sebuah idol group asal Jepang yang beranggotakan 5 gadis kawaii yaitu Nanase Hirokawa, Ruka Mishina, Ririka Kodama, Hazuki Sakamoto dan Miri Matsuda dan tergabung dalam manajemen iDOL Street di bawah avex entertaiment.

Idol group yang sedang naik daun lewat beberapa lagu populernya seperti “Inu Neko. Seishun Massakari / いぬねこ。青春真っ盛り” dan “Ultra Mirakurukuru Ultimate Choco Beam /うるとらみらくるくるふぁいなるアルティメットチョコびーむ” yang juga baru merilis single terbaru bertajuk “Just be Yourself” ini mengungkap bagaimana pendapat dan perasaan mereka tentang Indonesia dan juga euphoria kultur J-pop di negeri kita tercinta ini. Seperti apa sih wawancaranya? Yuk kita simak di bawah ini!

Wa-Suta
The World Standard / Wa-Suta

BISAKAH KALIAN MELAKUKAN JIKOUSHOUKAI TERLEBIH DAHULU KHUSUS UNTUK FANS DI INDONESIA?

Semua : We are The World Standard, Wa-Suta!

Miri : Aku Miri Matsuda!

Ruka : Aku Ruka Mishina!

Nanase Aku Nanase Hirokawa!

Ririka : Aku Ririka Kodama!

Hazuki : Aku Hazuki Sakamoto!

Semua : Yoroshiku Onegaishimasu!

SEBAGAI SALAH SATU IDOL GROUP DI JEPANG, KONSEP APA YANG KALIAN MILIKI DAN APA YANG MEMBUAT KALIAN BERBEDA DENGAN IDOL GROUP LAINNYA?

Nanase : Nama grup kami Wa-Suta adalah singkatan dari The World Standard dan kami berusaha memperkenalkan Kawaii Japan Idol Culture, misalnya dengan mengenakan kostum seperti ini (kostum single “Just Be Yourself”), atau yang lain-lainnya yang kawaii dari Jepang. Selain itu banyak di antara lagu kami yang memasukkan unsur budaya dunia, mungkin bisa dinikmati banyak orang.

SEPERTI YANG SUDAH KITA DENGAR SEBELUMNYA, WA-SUTA BENAR-BENAR MENGGUNAKAN SNS (SOSIAL MEDIA) UNTUK MENYEBARKAN “KAWAII JAPAN IDOL”, BISAKAH KALIAN MEMBERITAHU KAMI BAGAIMANA KALIAN MELAKUKANNYA?

Ririka : Grup kami memperbolehkan pengunjung untuk memotret di saat pertunjukan, seperti yang tadi dibilang grup kami mengenakan kostum yang cukup unik, setiap kalinya kami mengenakan nekomimi, yang menjadi salah satu ikon kawaii di Jepang. Foto-foto kami itu banyak disebarkan oleh penggemar di media sosial, berkat hal itu kawaii versi kami semakin menyebar luas!

APAKAH KALIAN PERNAH MENDENGAR MENGENAI INDONESIA SEBELUMNYA? APA YANG ADA DI BENAK KALIAN MENGENAI INDONESIA?

Semua : Tentu saja kami tahu!

Nanase : Kami memiliki kesan bahwa Indonesia adalah negara di mana budaya idol sedang berkembang, selain itu, bukankah ada bagian-bagian dalam budaya Indonesia yang memiliki kesamaan dengan budaya Jepang?

SAAT INI KALIAN MEMILIKI POPULARITAS YANG BAGUS DI INDONESIA! BANYAK SEKALI GRUP DANCE YANG COVER YANG MELAKUKAN LAGU SIGNATURE KALIAN “INU NEKO. SEISHUN MASSAKARI”, APA PENDAPAT KALIAN MENGENAI HAL INI?

Miri : Kami pernah melihat video cover “Inu Neko. Seishun Massakari” karena banyak orang Indonesia yang memberitahu kami lewat Twitter, tapi ini pertama kali kami diberitahu di saat wawancara bahwa banyak yang mengcover lagu kami, kami sangat terharu.

Semua : Kami senang sekali!

Nanase : Kami juga senang sekali banyak yang mengcover tidak hanya lagu, tapi juga kostum kami.

APAKAH KALIAN MEMILIKI RENCANA UNTUK PERFORM DI INDONESIA?

Ruka : Kami belum ada rencana untuk membuat pertunjukan disana…. tapi kami ingin pergi kesana!

Nanase : Jika ada orang yang tahu Wa-Suta meski hanya seorang, kami ingin kesana, dan menikmati pertunjukan bersama-sama.

ADAKAH PENGALAMAN UNIK SELAMA KALIAN PERFORM DI PANGGUNG? BISAKAH KALIAN MENCERITAKANNYA KEPADA KAMI?

Hazuki : Pada saat melakukan pertunjukan, para anggota Wa-Suta sering melakukan eye-contact satu sama lain. Pada saat pertunjukan semakin meriah, seringkali di antara tarian, anggota Wa-Suta jadi ramai sendiri, jadi di saat pertunjukan pun kami bersenang-senang dengan saling melakukan eye-contact.

APAKAH YANG KALIAN LAKUKAN SAAT SEDANG TIDAK BERAKTIVITAS? ADAKAH HOBI YANG SERING KALIAN LAKUKAN DI WAKTU SENGGANG?

Ruka : Kalau aku, di hari libur aku suka bersantai di rumah sambil menonton anime.

Ririka : Kegiatan di hari libur berbeda-beda untuk tiap member, misalnya kalau aku di hari libur aku suka tidur saja atau menonton video.

Nanase : Para anggota Wa-suta memang banyak yang suka memanfaatkan waktunya untuk tidur. Sedangkan aku sebaliknya, sering barmain ponsel sendirian.

APA ARTI FANS UNTUK KALIAN SEMUA?

Ruka : Mereka selalu mendukung kami, kami berusaha keras agar semua bisa menikmati (pertunjukan kami). Semuanya karena penggemar kami menyampaikan pada kami bahwa mereka senang menikmati (pertunjukan kami), dan karenanya kami juga jadi merasa senang, jadi kami dan penggemar bersenang-senang bersama-sama. Sebuah hubungan yang penting dimana kami saling memberi dan menyampaikan berbagai macam hal.

TERAKHIR, MOHON SEPATAH KATA DARI KALIAN UNTUK FANS KALIAN DI INDONESIA!

Nanase : Halo Indonesia, salam kenal!

Semua : Salam kenal!

Nanase : Kami Wa-Suta! Meskipun kami belum pernah berkunjung ke Indonesia, kami akan terus bekerja keras di Jepang agar suatu saat bisa berkunjung ke Indonesia! Kami akan senang sekali jika kalian bisa terus mendukung kami, suatu saat kami akan kesana! Tunggu kami ya!

Wa-Suta berjanji akan berusaha keras untuk bisa berkunjung dan mengadakan pertunjukan di Indonesia! Dan janji tersebut menutup wawancara eksklusif kami dengan idol group asal Jepang ini. Untuk para penggemar Wa-Suta di Indonesia tetap dukung mereka terus ya, agar suatu saat keinginan mereka ke Indonesia bisa terwujud!

Interview by : Harry Pasha

Images by : Mahardhika W.P & Nuary F Pradipta

Interpreter : Mahardhika W.P

Translator : Dirck Julian Abraham Samallo

COMMENT