SHARE THIS ARTICLE

evoland-blended-title

Untuk para gamer, perkenalkan: Evoland, sebuah video game yang sangat unik. Apa keunikannya? Sebelumnya, sedikit mengenai Evoland. Evoland adalah sebuah game baru keluaran Shiro Games, yang akan dirilis hanya beberapa minggu lagi dari sekarang. Kembali lagi, apa keunikan dari game ini? Game ini bukanlah sebuah video game biasa. Bayangkan kita memainkan sebuah game yang secara harfiah berkembang sejalan dengan perkembangan permainan kita; grafis, suara dan gameplay game tersebut secara bertahap berubah dari kualitas 8-bit standar tahun ‘80-an hingga menjadi sebuah game dengan standar kualitas RPG mahal khas generasi masa kini.

Mengambil basis dari beberapa game legendaris seperti The Legend of Zelda, Dragon Quest dan Final Fantasy, Evoland memungkinkan player untuk merasakan secara langsung baik perkembangan genre maupun kemajuan teknologi yang dibuat oleh industri video game selama 3 dekade terakhir ini, yang berarti game yang berhasil kita selesaikan akan sama sekali berbeda dengan game yang kita mainkan saat pertama kali kita memainkannya. Video di bawah ini akan membuat segalanya menjadi jelas.

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=gxBjDGc4YCg]

Dengan premis “bermain melalui sejarah game action-adventure”, game Evoland ini dimulai dari dunia action-RPG 2D hitam putih yang sederhana. Alih-alih kita meng-unlock kemampuan tersembunyi untuk digunakan dalam dunia tersebut, player meng-unlock kemajuan teknologi dalam game ini secara real-life. Majulah cukup jauh dan dunia game hitam putih kita yang membosankan akan diberi sentuhan warna; maju lebih jauh lagi dan kita akan diberi suara dan kemampuan untuk bergerak ke delapan arah yang berbeda alih-alih hanya empat arah; dan sebelum kita menyadarinya, model karakter dalam game ini telah menjadi karakter 3D, dengan pertempuran bergaya turn-based dan karakter boss musuh dengan animasi yang indah. Tidak diragukan lagi, Evoland adalah sebuah game yang dibuat oleh gamer untuk gamer, berperan sebagai sebuah pemandu dalam tur kita menjelajahi sejarah game action-RPG dari awal kemunculannya hingga saat ini.

Banyak game independen yang dibuat dengan cara “meminjam”dari franchise yang telah ada sebagai game “generik” atau hanya untuk mendulang uang saja, seperti yang bisa dilihat dalam banyak game untuk iOS atau di Google Play Store, di mana banyak sekali terdapat imitasi murahan dari game-game klasik terkenal yang hampir dapat disebut sebagai pelanggaran hak cipta. Namun jika sebuah game diciptakan untuk memperingati para pahlawan terdahulunya dengan sangat indah seperti Evoland ini, dan mengubah evolusi dari genre yang digunakan menjadi sebuah game yang berdiri sendiri, sulit rasanya untuk tidak terpikat sejak awal.

Game ini memang belum tersedia untuk dimainkan, namun game pendahulunya yang lebih sederhana yaitu Evoland Classic dapat dimainkan di sini. Evoland sendiri direncanakan akan dirilis untuk PC sebelum akhir bulan Maret tahun ini. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai game ini dan penciptanya, silakan kunjungi situs resmi Shiro Games.

Ingatkah saat video game masih tampak seperti ini?

evoland-1

Dan kini menjadi full colour!

evoland-2

Dan muncullah game 16-bit seperti Secret of Mana yang membuat kita terpukau.

evoland-3

Peta dengan gaya 7 dunia! Kita memang hidup di masa yang berjaya.

evoland-4-mode-7-esque

Meminjam dari serial Final Fantasy, Evoland juga menampilkan pertempuran bergaya command-based.

evoland-7-final-fantasy

Sebelum kita sadar, kita telah menjadi 3D!

evoland-8

Dan semuanya mulai menjadi indah…

evoland-9

Dan epik…

evoland-10-boss

Sources :
COMMENT