SHARE THIS ARTICLE

AFAIDlogoAnime Festival Asia atau yang biasa kita kenal dengan AFA kembali digelar di Indonesia pada tanggal 25 hingga 27 September 2015 yang lalu di JI Expo, Kemayoran, Jakarta. Para penggemar anime dari seluruh tanah air kembali berkumpul dan meramaikan acara ini. Apa saja sih, yang bisa kita temukan pada AFA ID tahun ini? Yuk kita lihat bersama!

AFAID-2015 (1)AFAID-2015 (27)Tentunya, event besar seperti ini tidak akan komplit jika kita tidak membawa pulang sesuatu atau oleh-oleh. Nah, ada banyak sekali booth yang dapat dipilih untuk kita kunjungi. Bandai Namco Asia hadir dengan memamerkan segala macam Gunpla yang dapat kita lihat dan beli. Good Smile Company dan Culture Japan juga kembali hadir dan membawa sesuatu yang baru. Bagi kalian yang suka dengan musik atau lagu, booth Sony Music dan Pony Canyon/Exit Tunes turut hadir dan membawakan CD-CD dari artis kesayangan kalian. Kalian dapat melihat dan membeli berbagai macam CD, dan bahkan, kalian juga bisa mendapatkan tanda tangan dari artis favorit kalian lho!

AFAID-2015 (29) AFAID-2015 (30) AFAID-2015 (31) AFAID-2015 (32) AFAID-2015 (33) AFAID-2015 (35) AFAID-2015 (36)Bagi kalian yang gemar mengunjungi AFA Café dari tahun ke tahun pada event ini, kali ini AFA Café kembali hadir dengan membawa tema LoveLive! Café di mana para maid berperan menjadi tokoh-tokoh yang ada pada Love Live dan Atelier Royale Butler Café. Selain dengan adanya mini-stage yang ada di dalam area exhibition AFA ID 2015 yang menampilkan berbagai performance juga meet and greet, beberapa booth di AFA ID 2015 ini juga menyuguhkan beberapa performance yang menarik. Seperti booth Pony Canyon/Exit Tunes yang menampilkan penampilan DJ dari Yurika Endo, salah satu seiyuu actress dan penyanyi anisong, juga Pink Babies yang menyapa penggemarnya melalui performance mereka di booth Cool Japan Lounge.

AFAID-2015 (28)AFAID-2015 (2) AFAID-2015 (3) AFAID-2015 (4) AFAID-2015 (5)Salah satu daya tarik AFA ID tentunya adalah konser I LOVE ANISONG yang tiap tahunnya selalu ditunggu-tunggu para penggemar. Di AFA ID 2015 kali ini, konser I LOVE ANISONG digelar dari tanggal 25-26 September 2015 dengan 8 bintang tamu yang luar biasa yaitu FLOW, fripSide, GARNiDELia, 和-KAZU-, LiSA, motsu X KAYA, nano dan yanaginagi. Pada hari pertama konser I LOVE ANISONG, ratusan penggemar telah memadati Hall B Jiexpo Kemayoran sejak petang dan konser pun dimulai jam 7.30 malam. Saat para idola mereka beraksi di atas panggung menampilkan lagu-lagu anisong andalan mereka, para penggemar pun bersorak sorai. Dengan panggung, tata suara dan pencahayaan yang membuat konser terlihat megah, para idola pun tampil dengan penuh totalitas dan menghibur para penonton.

Di hari pertama konser I LOVE ANISONG, nano yang biasanya menggunakan hoodie untuk menutupi wajahnya, kini tampil tanpa menggunakan hoodie sehingga para penonton bisa melihat wajah nano yang sebelumnya tidak pernah terlihat. Lagu berjudul Sable dibawakan nano di awal penampilannya. Para penonton pun bersorak sorai menyambutnya, apalagi saat nano berinteraksi menggunakan bahasa Inggris. Usai lagu pertama, nano membawakan lagu No pain, No game (BTOOOM), Now or never (Phi Brain) dan Savior of Song (Arpeggio).

AFAID-2015 (13) AFAID-2015 (14)Konser I LOVE ANISONG berlanjut dengan penampilan motsu X KAYA. Duo ini naik ke atas panggung dengan diiringi oleh lagu Doraemon sambil menampilkan aksi kocak menggunakan takecopter (baling-baling bambu) dari anime Doraemon. motsu yang merupakan mantan anggota grup M.O.V.E dan juga tergabung di grup ALTIMA, menyanyikan bagian rap dari lagu-lagu yang mereka bawakan. Lagu I’ll Believe dari ALTIMA pun mereka bawakan yang disusul dengan lagu-lagu lainnya seperti One dan Burst the Gravity. Di sela-sela penampilannya, motsu berkata dalam bahasa Indonesia “Gue suka cewek Indonesia!” Lagu-lagu anisong pun mereka bawakan seperti dari Sidonia no Kishi, dan Uchuu Senkan Yamato. Lagu Cyber Cyber menjadi penutup penampilan motsu X KAYA.

AFAID-2015 (11) AFAID-2015 (12)Setelah aksi dari motsu X KAYA, para penonton pun disuguhi alunan lagu-lagu dari GARNIDELiA. Grup yang terdiri dari Maria (vokal) dan Toku (produser) ini tampil menawan membawakan lagu-lagu anisong seperti Griletto (Mahouka), Ambiguous (Kill la Kill), dan Zankoku na tenshi no Thesis versi GARNIDELiA yang membuat penonton mengenali lagu tersebut dan bernyanyi bersama. Lagu Blazing (Gundam Reconguista) menjadi penutup penampilan GARNIDELiA malam itu.

AFAID-2015 (9) AFAID-2015 (10)Usai GARNIDELiA, FLOW tampil memanaskan suasana konser I LOVE ANISONG. FLOW yang digawangi oleh Keigo Hayashi (vokal), Koshi Asakawa (vokal), Takeshi Asakawa (gitar), Yasutaro Goto (bass) dan Hiroshi Iwasaki (drum) tampil memukau di hadapan para penonton. FLOW mengaku sudah lama ingin tampil di Indonesia, dan penampilan mereka malam itu merupakan yang pertama kalinya di tanah air. Keigo pun menyapa para penonton “Indonesia, aitakatta! (Indonesia, kami sudah lama ingin bertemu!)” FLOW berhasil membuat para penonton bernyanyi dan berlompatan melalui lagu-lagu soundtrack anime yang mereka bawakan di atas panggung, yang sudah dikenal para penggemar anime di Indonesia, seperti beberapa lagu Naruto, re:member, Niji no Sora, lalu lagu COLORS (Code Geass). Di akhir penampilannya, FLOW membawakan lagu Go!!! (Naruto) yang membuat para penonton bernyanyi bersama.

AFAID-2015 (6) AFAID-2015 (2) AFAID-2015 (3) AFAID-2015 (4) AFAID-2015 (5) AFAID-2015 (7) AFAID-2015 (8)Di hari kedua konser I LOVE ANISONG, sebelum LiSA tampil, para penonton meneriakkan nama LiSA berulang-ulang kali. Dan ternyata harapan mereka terwujud, LiSA langsung memasuki panggung bersama Live-Band-Performance-nya seperti yang dijanjikan pada saat wawancara bersama media. Pertunjukkan pun dimulai dengan lagu BRiGHT FLiGHT dari album terbarunya “Launcher”, sontak pengunjung langsung berjingkrak mengikuti irama. Setelah lagu tersebut LiSA menyapa penonton dengan bahasa Indonesia “Halo Indonesia, saya kembali” yang disambut dengan riuh suara penonton, ya LiSA memang sebelumnya telah 2 kali tampil di Indonesia pada tahun 2012 dan 2014. Lagu berikutnya yang dinyanyikan adalah ‘Crossing Field’  yang dilanjutkan dengan penampilan akustik lagu ‘Ichoban no Takaramono’ yang mengubah atmosfir Hall B JIExpo jakarta menjadi syahdu. Setelah lagu tersebut LiSA mengajak para penonton menari dan melompat bersama mengikuti gerakannya pada lagu ‘Electrilyrical’.

AFAID-2015 (15) AFAID-2015 (16) Tak sampai di situ saja, LiSA juga menyampaikan kebahagiaannya dapat kembali tampil di Indonesia sembari bertanya apakah para penonton senang dengan penampilannya. Melihat antusiasme penonton yang sangat hebat LiSA melanjutkan penampilannya dengan mengkolaborasikan lagu lama & barunya berturut-turut yaitu ‘Confidence Driver’, ’Rising Hope’ dan ’Rally go Round’. Lagu terakhir dalam penampilannya kali ini adalah ‘Shirushi’ yang merupakan soundtrack dari anime Sword Art Online 2. Sebelum meninggalkan panggung LiSA berjanji akan kembali mengunjungi Indonesia suatu saat nanti.

AFAID-2015 (22)Konser dilanjutkan dengan penampilan 和-KAZU- yang ternyata juga sudah sering tampil di Indonesia, tak kurang dari 4 kali pria penyuka anime Aikatsu ini menampilkan kebolehannya dalam meracik lagu-lagu soundtrack anime menjadi campuran lagu yang membuat orang berjingkrak bersama. Penampilan 和-KAZU- dibuka dengan lagu dari anime ‘Nisekoi’ yaitu Click dari penyanyi ClariS. Pada penampilannya kali ini pria kelahiran 29 tahun lalu mengkolaborasikan lagu-lagu anime lama dan baru dan lawas, sehingga penonton dapat menikmati alunan musik baru sembari bernostalgia dengan tembang lawas.

AFAID-2015 (18) AFAID-2015 (17)Setelah 和-KAZU-, kini giliran yanaginagi yang tampil menghibur seisi Hall B JIExpo Kemayoran. Penampilannya dibuka dengan lagu ‘Yukitoki’ dan ‘Haru Modoki’ dari anime fenomenal “Yahari Ore no Seishun Love Come wa Machigatteiruseason 1 dan 2. Para penonton pun langsung menyambutnya dengan ayunan lightstick dan bernyanyi bersama. Setelah dua lagu tersebut, wanita yang pernah berkolaborasi dengan band “SuperCell” dan “Inochi Kokonotsu” ini menyapa penonton dengan bahasa Indonesia dan berterima kasih atas sambutan hangatnya. Lagu selanjutnya yang dibawakan adalah ‘Tokohana’ (dari anime Black Bullet), ‘ZOETROPE’ (Amnesia) dan ‘Laterality’ (Jormungand Perfect Order). Di sela-sela penampilannya yanaginagi menyampaikan harapannya agar penampilannya ini mampu menghibur penonton yang hadir. Dua lagu berikutnya yang dinyanyikannya berturut-turut adalah ‘Aqua Terrarium’ dan ‘Mitsuba no Musubime’ dari anime favoritnya “Nagi no Asukara”. Dan lagu penutup yang dinyanyikan pada penampilan perdananya di Indonesia ini adalah ‘Vidro Moyou’ (Ano Natsu de Matteru). Sekali lagi yanaginagi mengucapkan terima kasih dan berharap dapar kembali dan menghibur penonton di Indonesia.

AFAID-2015 (24) AFAID-2015 (19)Penampilan terakhir yang sangat ditunggu-tunggu oleh penonton adalah fripSide, grup musik yang pernah tampil di Indonesia tahun 2013 silam, tampil beda kali ini dengan membawa live-band-performance-nya. Penampilan fantastis mereka dibuka dengan 3 lagu berturut-turut yang menjadi soundtrack animeto aru Kagaku Railgun” yaitu ‘Only My Railgun’, ‘LEVEL5 ~Judgelight~’ dan ‘Eternal Reality’. Setelah tiga lagu tersebut. Band yang memeiliki personil inti 2 orang yakni Sato-san dan Nanjo-san ini memperkenalkan seluruh personil band-nya di depan penonton. Selain itu mereka menyampaikan rasa senangnya dapat tampil kembali di Indonesia.

AFAID-2015 (21) AFAID-2015 (20)Pertunjukan kembali dilanjutkan dengan penampilan lagu ‘Way to Answer’ dan ‘Future Gazer’, interaksi antara fripside dan penonton terlihat sangat harmonis ketika Nanjo dan Sato mengajak penonton untuk melompat dan bersorak bersama sembari mengayunkan lightstick yang dipegang. ‘Black Bullet’ dan ‘Sister Noise’ menjadi lagu penutup penampilan mereka dan sekaligus menutup konser I LOVE ANISONG yang merupakan rangkaian dari acara AFA ID yang telah dilaksanakan selama 4 tahun berturut-turut. Saking fantastisnya penampilan fripSide para penonton sempat meminta encore agar mereka menyanyikan beberapa lagi lagi, akan tetapi hal itu tidak dapat dilaksanakan mengingat jadwal yang sudah ditetapkan.

AFAID-2015 (26) AFAID-2015 (25)Nah.. sudah terbayang kemeriahan dan serunya konser I LOVE ANISONG ini? Mari berharap semakin banyak artis-artis Anisong/Jepang yang diundang ke Indonesia sehingga dapat menampilkan keseruan yang sama dengan konser-konser berikutnya. Tentunya, AFA atau Anime Festival Asia ini adalah sebuah acara yang menarik untuk kita kunjungi setiap tahunnya. Ada banyak kejutan yang siap untuk membuat kita kagum. Semoga acara ini terus berlangsung setiap tahunnya, ya!

AFAID-2015 (37)Reported & photographed by: Gesang, Mike Adrian, Nathanael Pribady, Wawa Wardhana, Fai, Genny Furqiza & Donny Tappy

COMMENT