SHARE THIS ARTICLE

10409513_10205516205198476_5051038674351864780_nHari pertama acara Hi! Nippon Fest 2015 berjalan dengan baik dan mengesankan. Acara ini menghiasi area utama dari Baywalk Mall Pluit dengan kesenian kebudayaan tradisional Jepang dan seni kaligrafi yang ditampilkan oleh mantan anggota SDN48 yaitu Nachu. Hi! Nippon Fest 2015 ini diorganisir oleh Sas Kwan dan Rinintha Pradiza dan berlangsung pada tanggal 23-24 dan 30-31 Mei 2015.

Nippon Fest StageJapanese StationTepat jam satu siang, dimulailah acara pertama dan dari belakang bangku penonton sejumlah orang masuk dan menari tarian tradisional Jepang dengan bersemangat. Tarian ini dinamakan Yosakoi, tarian dengan gaya yang unik ini pertama kali ditampilkan pada tahun 1954 di kota Kochi di Jepang. Tarian yang berakar di Jepang ini merupakan rendition dari tarian Awa Odori.

YosakoiYosakoi1Yosakoi2Penampilan selanjutnya dipimpin oleh Kita no Taiko Kurabu SMKN 36 Jakarta, tabuhan drum taiko mereka menggema dan mendapat decak kagum dari para penonton yang berasal dari segala umur, anak-anak, remaja, dan orang tua. Taiko secara harfiah berarti drum besar yang kemudian merujuk pada “drum Jepang” jika disebut di luar negeri matahari terbit.

TaikoTaiko1Taiko2Taiko3Pada pertengahan hari antara jam 1 dan 2 siang muncul dua shishimai atau yang biasa disebut dengan barongsai dalam Bahasa China beberapa saat setelah Kita no Taiko Kurabu SMKN 36 Jakarta menyelesaikan penampilan mereka. Tarian yang diadopsi dari kebudayaan China ini membuat orang-orang di sekitaran Mal Baywalk berkumpul dan menyaksikan pertunjukkan yang berseni ini.

ShishimaiShishimai1Shishimai2Usai pertunjukan shishimai, giliran U-maku Eisa Shinka Indonesia untuk menampilkan Eisa, atau bisa juga disebut Taiko Okinawa.

KolaborasiKolaborasi1Kolaborasi2Kolaborasi3Panggung untuk budaya tradisional Jepang ditutup dengan kolaborasi antara ketiga penampilan sebelumnya. Uniknya, dalam kolaborasi ini sebagian besar anak-anak yang duduk di bangku penonton diajak ke bawah stage untuk menari bersama-sama dengan para performer.

Kolaborasi4Kolaborasi5Kolaborasi6Acara selanjutnya adalah penampilan penulisan kaligrafi shodo yang dipraktekkan oleh Nachu, ia menulis kaligrafi dalam sebuah kertas panjang dan besar yang disediakan panitia. Nachu diperkenalkan dengan shodo pertama kali oleh ibunya yang menyuruh dia untuk kursus pada waktu SD. Setelah itu ia mulai menyukai shodo dan mendalaminya.

NachuNachu1Nachu2Nachu3Arti kaligrafi yang Nachu buat pada acara ini adalah rasa terima kasih dari hati yang paling dalam. Pada akhir pertunjukkan, Nachu mengajak beberapa pengunjung untuk mencoba menulis kaligrafi bersamanya di atas panggung.

Nachu4Nachu5Nachu6Nachu7Acara Hi! Nippon Fest masih akan berlangsung pada tanggal 30-31 Mei. Pada tanggal 30 Mei ada sub acara Japanese Idol Day di mana pengunjung dapat melakukan meet and greet dengan cosplayer internasional seperti Orochi X dari Australia dan Ying Tze dari Malaysia, terdapat pula konser mini dari Kirari dan Lumina Scarlet serta Lolita Fashion Show. Acara puncak pada tanggal 31 Mei adalah show dari idol group JKT48 yang menandakan penutupan acara ini. Yuk datang lagi minggu depan!

COMMENT