[EVENT COVERAGE] Konbanwa Festival 2016, Menikmati Suasana Malam ala Jepang di Bandung


Konbanwa Festival 2016 adalah sebuah event yang terselenggara dengan dukungan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Petak Umpet Minako, Hazawa Resto, ANT-Pro serta Japanese Station, Get TV, juga beberapa komunitas seperti Acoustic Friend dan Obake STBA. Tahun ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan Konbanwa Festival yang diadakan di sepanjang jalan Sukarno di kawasan Cikapundung Timur, Bandung, dengan konsep Konbanwa yang berarti selamat malam dalam bahasa Jepang. Festival yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 2-4 Desember 2016 ini berlangsung dengan meriah.


kon-00Ada yang berbeda dari tahun lalu, Konbanwa Festival yang diselenggarakan pada tahun ini menghadirkan JS Maid Cafe persembahan Hazawa Resto dan juga Minako Corner Obake House persembahan Petak Umpet Minako. Ingin tahu keseruannya selama 3 hari ini? Yuk! mari kita simak sama-sama!

img_20161203_155112

Hari Pertama (2 Desember 2016)

Japan Anisong Cover Competition membuka rangkaian acara Konbanwa Festival di hari pertama dengan dipandu oleh MC Agsan dan Meichan. Meski sempat diguyur hujan selama beberapa saat, namun tidak menyurutkan antusiasme dari warga Bandung yang ingin menyaksikan para peserta yang saling berlomba membawakan lagu-lagu Jepang favorit mereka. Bahkan banyak dari pesertanya menggunakan kostum dan dandanan yang sama dengan karakter penyanyi asli maupun karakter dalam anime-nya. Japan Anisong Cover Competition dimenangkan oleh Cyril yang mendapatkan hadiah uang sebesar Rp. 500.000.

Obake House Petak Umpet Minako
Minako Corner Obake House persembahan Petak Umpet Minako

Tidak hanya itu, banyak juga pengunjung yang datang untuk mencicipi wisata kuliner khas Jepang yang tersedia di stand-stand sepanjang jalan Sukarno di Cikapundung Timur seperti takoyaki, okonomiyaki dan ada juga ramen dan sushi yang tersedia di JS Maid Cafe persembahan Hazawa Resto.

JS Maid Cafe by Hazawa Restokonbanwa-festival-2016-1 konbanwa-festival-2016-2 konbanwa-festival-2016-3 konbanwa-festival-2016-4Di sepanjang aliran sungai Cikapundung tersebut juga terlihat beberapa stand yang menjual berbagai barang kesukaan para otaku, dari mulai pernak-pernik anime sampai dengan action figure yang bisa memanjakan mata para kolektor, dan tentunya stand dari Japanese Station.

Konbanwa Festival
Penampilan Idol Group asal Bandung, Lumina Scarlet yang memeriahkan Konbanwa Festival hari pertama

Pukul 19.00 WIB acara dimulai kembali dengan penampilan dari Lumina Scarlet dan sambutan oleh Ibu Kenny dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung yang mengapresiasi acara Konbanwa Festival dan berharap agar ke depannya mampu mendatangkan orang-orang dari Jepang. Semakin malam acara pun semakin meriah dengan tampilnya beberapa grup band seperti, Kirari Metal, Aozora, Evatra, Kizugawa RabbitIIO project, Judeas rod, Recode sampai acara di hari pertama selesai.

Must Read  The Royal Boys Love Convention - 24 September 2017, Kampoeng Bangka Resto, Jakarta Selatan

Hari Kedua (3 Desember 2016)

img_2653
MC Agsan dan JSNavi Anissa memandu hari kedua Konbanwa Festival

Sabtu, 3 Desember 2016, cuaca cerah menyambut Konbanwa Festival yang dibuka oleh Agsan dan JSNavi Annisa sebagai pembawa acara. Para pengunjung yang sudah datang dari siang hari disuguhkan penampilan pembuka dari tarian yosakoi oleh Hana-B. Yosakoi merupakan tari dengan ciri khas gerakan tangan dan kaki yang dinamis, sambil menari, di kedua belah tangan penari pria dan wanita membunyikan perkusi dari kayu yang disebut naruko. Setelah itu ada penampilan dari band-band kompetisi yang membawakan lagu-lagu seperti lagu anime, j-rock maupun j-pop dan diselingi oleh kompetisi idol grup/cover dance sambil menikmati area air mancur Cikapundung.

img_20161203_155608
Suasana panggung dilihat dari salah satu stand

Selain berjalan-jalan mencicipi makanan-makanan ala Jepang, waktu istirahat juga digunakan oleh para pengunjung yang penasaran ingin mencoba atraksi Minako Corner, Obake House persembahan Petak Umpet Minako. Setelah break magrib, acara dilanjutkan kembali dengan parade costreet yang diikuti puluhan peserta dengan karakter kostum anime yang beragam. Setelah melalui penilaian oleh juri yaitu Abah Moel dan Rangga Kanchiel akhirnya terpilih 3 pemenang lomba costreet yaitu Edi Santoso, Shafira, dan Febria yang masing-masing berhak atas hadiah senilai Rp. 250.000.

Band-band guest star seperti Henohenomoheji, Thousand Sunny, Livera, Mr. Little Monster, RXi, Lunatic Tokyo, Fairytails dan 6Ugly yang melantunkan lagu-lagu j-pop dan j-rock dari yang lawas sampai terbaru membuat panggung semakin malam menjadi semakin memanas sebelum akhirnya ditutup oleh penampilan dari DJ Yochi.

Hari Ketiga (4 Desember 2016)

img_2789

Di hari terakhir pengunjung yang datang semakin ramai, bukan hanya anak-anak muda, ada juga para orang tua yang datang membawa anak-anaknya untuk mencicipi makanan khas Jepang yang dijual di Konbanwa Festival sambil menikmati alunan lagu-lagu Jepang yang dibawakan oleh para peserta dari band kompetisi dan juga fashion show persembahan Kyuukyuu Shop, ditambah penampilan dari Shurie Airie. Menjelang sore Agsan dan JSNavi Rachel yang menjadi pembawa acara pada hari itu mengajak para pengunjung agar mendekat ke panggung untuk melihat penampilan dari idol grup Ai no Tomodachi dan band Lagos Inn.

Must Read  The Royal Boys Love Convention - 24 September 2017, Kampoeng Bangka Resto, Jakarta Selatan

img_3413

Ucapan perpisahan untuk JS Navi Rachel dari JS Navi Lidya
Ucapan perpisahan untuk JS Navi Rachel yang lulus dari JSNavigator pada event ini

Memasuki malam, rintik hujan yang mulai turun tidak juga mengurangi antusiasme dari para pengunjung yang hadir untuk menyaksikan idol grup maupun band-band favorit mereka. Penampilan Candy Pop yang membawakan lagu-lagu dari Silent Siren seperti Sweet Pop, Kakumei dan Lucky Girl sukses membuka acara musik Konbanwa di malam hari.

Acara diselingi dengan pengumuman para pemenang cosplay individu yang dimenangkan oleh Eko Rahim Surkawa sebagai juara pertama yang mendapatkan hadiah uang sebesar Rp. 1.000.000, Yorefa di posisi kedua yang diganjar hadiah uang Rp. 500.000, dan Angga di tempat ketiga mendapat hadiah uang sebesar Rp. 250.000, serta kompetisi band yang dimenangkan oleh band Stellar yang dihadiahi uang sebesar  Rp. 1.000.000. Sementara itu, kompetisi Idol/dance cover group dimenangkan oleh grup Black Rose yang mendapat hadiah uang tunai sebesar Rp.1.000.000.

Acara dilanjutkan dengan penampilan Ministry of Idol yang menyanyikan lagu Chibi Maruko chan – odoru ponpokorin. Ada juga penampilan dari Lumina Scarlet yang berhasil membuat para pengunjung berkeringat saat membawakan lagu Bis yang berjudul Nerve dan lagu milik Miki Fujimoto yang berjudul Romantic Ukare Mode.

img_3372

img_3354
Perpisahan Lugina yang pada event ini untuk terakhir kalinya manggung bersama Kirari

Tak lama berselang idol grup Kirari tampil di panggung dengan membawakan lagu milik Kirari sendiri yang berjudul Dreamer, lagu cover dari Love Live! yang berjudul Aishiteru Banzai, dan lagu Heavy Rotation dan Gomen ne Summer milik AKB48 dan SKE48 yang membuat antusiasme penonton meledak-ledak sekaligus haru, karena malam itu menjadi penampilan terakhir dari Lugina Mulyasari sebagai anggota Kirari. Daisy, Orion Shock, R-Project, Saturday Night dan DJ Akiba Kick juga turut membawa para pengunjung yang datang ikut tenggelam dalam keseruan dari penampilan para bintang tamu yang menutup rangkaian acara ini.

Minna, terima kasih sudah berkunjung dan turut memeriahkan Konbanwa Festival 2016! Sampai jumpa lagi pada event selanjutnya!

(Featured image, Minako Obake House, and JSNavi Cafe by Hazawa Resto, photos: Japanese Station Twitter account, other photos : wwrdn & Amozy Audrey)


What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
0
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~

[EVENT COVERAGE] Konbanwa Festival 2016, Menikmati Suasana Malam ala Jepang di Bandung

Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini