SHARE THIS ARTICLE

Pagelaran festival kebudayaan Jepang Ennichisai 2015 telah selesai diselenggarakan di kawasan Blok M Jakarta Selatan tanggal 9-10 Mei 2015. Ratusan ribu orang yang hadir dalam acara ini sangat antusias dan bersemangat, terlebih lagi ketika panggung pop dibuka oleh artis-artis lokal dan Jepang seperti Tokyo Hits Joushi, Faint Star, LOVE ANDROID, Pink Babies, dan STARMARIE.

Pada tahun ini, tema yang diusung oleh panitia adalah ALWAYS SMILE dan diadakannya Little Tokyo yang keenam kalinya ini tetap bertujuan untuk memperkenalkan budaya Jepang kepada masyarakat Indonesia dan untuk menjaga hubungan baik kedua belah pihak. Terdapat tiga bagian yang menjadi daya tarik pada jam-jam tertentu, ketiganya adalah Main Stage, CLAS:H Stage, dan Road Performance.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, beberapa parade seperti Yosakoi, Mikoshi, Awa Odori, dan Shishimai & Oiran Dochu meramaikan jalanan Ennichisai yang diapit oleh dua sisi kumpulan booth yang menjual pernak-pernik manga, anime, Japanese Idol, dan lainnya. Kemeriahan ini juga menjadi ajang foto bagi para pengunjung yang sebagian besar terdiri dari kawula muda.

ENN2ENN3ENN4ENN5ENN6ENN7IMG_0732IMG_0770IMG_0784IMG_0796IMG_0812IMG_0829Di sisi lain dari pertunjukan parade ini, terdapat satu area di mana para cosplayer dan para penggemar musik Jepang berkumpul, area ini dinamakan CLAS:H Stage. Dalam panggung ini, sekumpulan acara menarik disajikan dengan jangka waktu setengah jam sampai satu setengah jam. Acara yang diadakan dalam panggung ini antara lain Ramen Contest, Singles Cosplay Parade, Cosplay Performance by Kadaluarsa, Seiyuu Contest with Yasuno Kiyono, dan Gemu-gemu Competition.

Tunggu dulu! CLAS:H Stage belum berakhir sampai di situ, terdapat beberapa acara besar yang menghiasi panggung ini, yaitu Grand Final CLAS:H National Cosplay Competition dan Konser Mini Idol Group Lokal & Jepang dan Indonesia Cosplay Grand Prix (ICGP). Artis-artis yang mengisi konser mini ini antara lain Tokyo Hits Joushi, Faint Star, Pink Babies, LOVE ANDROID, Starmarie, SAGA, Faylan, dan REDSHiFT. Pada hari kedua juga muncul nama-nama seperti Amour Mico dan Hiroaki Kato yang turut menggebrak panggung CLAS:H.

CLASHCLASH00CLASH0CLASH1CLASH2CLASH3CLASH4CLASH5Area lain yang turut mengundang perhatian para pengunjung adalah main stage, pada panggung ini terdapat acara-acara tradisional mengenai kebudayaan Jepang. Para artis mementaskan tari-tarian tradisional Jepang, musik tradisional, bahkan sampai komedi Jepang yang sangat unik dan menarik. Wadaiko: O Edo Sukeroku Ryu Taiko, Awa Odori: Kira Kira Tanuki Ren, Nihon Buyou: Ai Project, alunan musik dari Amour Mico dan Hiroaki Kato, serta sinden dari Hiromi Kano dan komedi dari 3 Gaga Heads melengkapi panggung ini.

CLS1CLS2Yuk kita lihat video kemeriahan Ennichisai Blok M 2015 ~Always Smile~ bersama Japanese Station Navigator!

Reported by Nathanael Pribady
Photographed by Wawa & Genny

COMMENT