SHARE THIS ARTICLE

JapanNightSabtu 4 April 2015, bertempat di The Kasablanka Hall, Mall Kota Kasablanka ratusan orang rela berdesak-desakan demi menyaksikan pagelaran musik Jepang di acara JAPAN NIGHT Indonesia, yaitu suatu acara musik yang menampilkan musisi ternama dari Jepang yang menampilkan atraksi musik ciri khas Jepang dari berbagai jenis musik untuk diperkenalkan di seluruh dunia. Acara JAPAN NIGHT sendiri pertama kalinya dilaksanakan di Jepang pada tahun 2014. Melihat suksesnya acara tersebut, JAPAN NIGHT Comittee membawa acara ini ke luar Jepang dengan membawa misi memperkenalkan berbagai ragam musik khas Jepang ke seluruh dunia, dan negara pertama yang menjadi destinasi tour JAPAN NIGHT ini adalah Indonesia.

JAPAN NIGHT Tokyo Ska Paradise (2)Konser dibuka dengan penampilan Tokyo Ska Paradise Orchestra yang langsung membuat pecah suasana. Penampilan musik SKA yang dibalut dengan nuansa Orchestra tanpa lirik ini mampu membuat seisi The Kasablanka Hall berjingkrak seirama dengan lagu yang didendangkan. Tak kurang dari 10 lagu mereka alunkan yang diiringi dengan sorak sorai penikmat musik SKA tanah air. Di tengah pertunjukannya, band yang dibentuk tahun 1988 ini membakar semangat seisi ruangan konser dengan berteriak “Apakah kalian sudah siaaaap?” “Mari berjoget bersama” yang disambut dengan teriakan antusiasme para penonton.

JAPAN NIGHT Tokyo Ska Paradise (1) JAPAN NIGHT Tokyo Ska Paradise (3)Konser pun semakin pecah dengan aransemen lagu “Cant Take My Eyes of You” menjadi musik SKA bercampur orkestra. Suasana konser semakin panas menginjak lagu terakhir, seluruh penonton melompat dan bergoyang semakin seru. Seolah kurang puas dengan durasi penampilan Tokyo Ska Paradise Orchestra, penonton pun berteriak “we want more, we want more, we want more”, sayang durasi untuk band yang beranggotakan 10 member ini memang harus berakhir.

JAPAN NIGHT Alexandros (2)Konser dilanjutkan dengan penampilan band ALEXANDROS. Langsung menggebrak dengan lagu “For Freedom”, Band beranggotakan 4 orang ini semakin memanaskan pagelaran Japan Night yang untuk pertama kalinya diadakan di luar Jepang. Lagu “Stimulator” dan “Waitress, Waitress!” secara berturut-turut dinyanyikan yang sontak membuat para penikmat musik J-Rock di tanah air melompat kegirangan. Setelah 3 lagu tersebut, Yohei Kawakami sang vokalis sekaligus gitaris menyampaikan bahwa dia telah jatuh cinta kepada negara ini (Indonesia) dan kota ini (Jakarta) yang disambut dengan tepuk tangan meriah seisi The Kasablanka Hall. Hiroyuki Isobe (Bass), Misaki Shirai (Lead Guitar) dan Satoyasu Shomura (Drummer) masing masing mengucapkan kata dalam bahasa Indonesia “terima kasih” untuk apresiasi para pengunjung.

JAPAN NIGHT Alexandros (1) JAPAN NIGHT Alexandros (3)Pertunjukan kemudian dilanjutkan dengan lagu “run away”, “Starrrrr”, “Cat 2” dan  “Spin and Kick” lagu dengan kolaborasi lirik bahasa Inggris dan Jepang. Di akhir penampilannya sang vokalis menyampaikan dalam bahasa inggris bahwa mereka sangat bahagia sampai tidak mau kembali ke Jepang dan mereka berjanji akan kembali ke Indonesia. Band yang baru saja bergabung dengan label Universal Studio Japan ini berjanji ketika kembali ke Indonesia seluruh pengunjung JAPAN NIGHT akan mengenal mereka dan ALEXANDROS menjadi band no. 1 di hati penggemar. Penampilan mereka ditutup dengan lagu “Adventure” yang dinyanyikan bersama dengan seisi ruangan konser.

JAPAN NIGHT Vamps (3)Konser semakin Meriah dengan penampilan band pamungkas yaitu VAMPS. Band yang digawangi oleh Hyde (L’arc-en-ciel) dan K.A.Z (Oblivion Dust) ini tampil menghentak panggung JAPAN NIGHT dengan lagu “Zero” dan “World End”. Tak kurang dari 12 lagu dengan musik khas Japanese Rock berbau Grunge yang membuat para penggemarnya melompat-lompat menikmati suasana meriah pada malam itu mereka bawakan. Setelah menyapa para penonton dengan ucapan “Selamat malam.. Apakah kalian senang? Gue juga” yang membuat suasana konser semakin riuh. Lagu Revolution II dinyanyikan yang dilanjutkan dengan lagu romantis Vampire’s Love yang dimulai dengan alunan merdu piano solo.

JAPAN NIGHT Vamps (1) JAPAN NIGHT Vamps (2)Suasana menjadi lebih pecah saat Hyde mengucapkan “Lapar…“, “Mau makan penonton yang paling seru!“, “Di mana yah?…. Di mana yah?“ sambil berjalan memutari panggung, yang membuat para fans menyambut dengan teriakan yang luar biasa. Tidak ingin sampai di situ saja menggoda penggemarnya, di tengah lagu Where in My Love, Hyde pun mengucapkan, “Ayo kabur dari pesta ini“, “Berdua saja…” sontak para fans yang mayoritas merupakan kaum hawa pun menjadi semakin histeris. Lagu “Angel Trip”, “Devil Side” dan “Sex Blood Rock’n’roll” dinyanyikan berturut-turut sebelum seluruh personil Vamps meninggalkan panggung.

JAPAN NIGHT Vamps (4) JAPAN NIGHT Vamps (5) JAPAN NIGHT Vamps (6)Seolah kurang puas, seluruh penikmat JAPAN NIGHT kompak berteriak “We want More!!! VAMPS, VAMPS!! ANKORU!!!” meminta Hyde, K.A.Z dan kawan-kawan kembali ke panggung. Konser ditutup dengan kembalinya Vamps ke panggung dengan lagu terakhirnya “Love Addict” dan “Memories (English Version)” yang dinyanyikan bersama-sama dengan para fans.

Setlist:

VAMPS
1. ZERO
2. WORLD’S END
3. LIPS
4. EVIL
5. REVOLUTION II
6. VAMPIRE’S LOVE
7. HUNTING
8. ANGEL TRIP
9. DEVIL SIDE
10. SEX BLOOD ROCK N’ ROLL
11. LOVE ADDICT
12. MEMORIES

[ALEXANDROS]
1. For Freedom
2. Stimulator
3. Waitress, Waitress!
<<MC>>
4. Run Away
5. Starrrrrrr
6. Cat 2
7. Kick&Spin
<<MC>>
8. Adventure

Reported by Gesang
Photos by Genny

COMMENT