SHARE THIS ARTICLE

ghibli world (1)

Ada banyak hal untuk menghargai film-film dari salah satu studio animasi terkemuka di dunia, Studio Ghibli. Para penggemar dapat setuju dengan suara bulat bahwa salah satu kualitas yang paling mencolok dari film-film mereka adalah latar belakangnya yang cantik yang dilukis dengan tangan, yang membenamkan para pemirsanya dalam lanskap fantasi yang luar biasa imajinatif.

Banyak hal dari latar belakangnya yang cantik tersebut yang dapat dikaitkan dengan Kazuo Oga, yang telah bekerja sebagai seniman latar belakang dan sutradara animasi latar belakang dari beberapa film dari Studio yang paling dicintai tersebut.

Untuk peringkat ini melalui Goo Rankings dan DoCoMo, 16.030 orang telah disurvei selama rentang beberapa bulan dan diberi pertanyaan “film Ghibli manakah yang mereka tidak akan keberatan jika tersesat di dalamnya.” Salah satu film-film tersebut tentunya telah mencuri hati banyak orang!

Film Ghibli – Jumlah Suara

14. The Wind Rises – 85
13. Only Yesterday – 114
12. From Up on Poppy Hill – 126
11. Ponyo on the Cliff by the Sea – 191
9. Porco Rosso – 330
9. Princess Mononoke – 330
8. Whisper of the Heart – 460
7. The Cat Returns – 623
6. The Borrower Arrietty – 632
5. Howl’s Moving Castle – 798
4. Laputa: Castle in the Sky – 1773

3. Spirited Away – 2106

ghibli world (4)

Spirited Away dibuka dengan taman yang telah terbengkalai dari tahun 90-an, tapi saat malam tiba, karakter utama bernama Chihiro menemukan bahwa ia telah menyeberang ke Dunia Roh yang menjadi tempat bagi pemandian Yubaba yang megah bergaya Jepang serta pondok Zeniba yang kuno. Dunia Roh tersebut secara langsung terkait dengan Dunia Manusia, namun terlihat dengan jelas tidak tercemar sebagai pertukaran karena kurangnya teknologi. Meski demikian dunia di sana juga sangat tidak aman untuk seorang manusia…

2. Kiki’s Delivery Service – 2368

ghibli world (3)

Perjalanan Miyazaki ke Swedia di tahun 70-an meninggalkan kesan yang kuat pada karyanya. Kiki’s Delivery Service berlatar tempat di sebuah negara khayalan di Eropa yang terinspirasi oleh Napoli, Lisbon, Stockholm, San Francisco dan Paris. Di satu sisi kota ini terlihat seperti pantai di laut Mediterania, tetapi di sisi lain menampilkan arsitektur yang ditemukan di pantai Laut Baltik. Terletak di alam semesta alternatif, memiliki penduduk penyihir di setiap kota adalah hal yang lumrah dan itu akan terasa normal jika pergi ke penyihir setempat jika kalian membutuhkan obat.

1. My Neighbor Totoro – 5815

ghibli world (5)

Berlatar pada tahun 1955 di Jepang, latar belakang dari My Neighbor Totoro menggambarkan hutan fantasi yang padat oleh para roh yang disebut “Hutan Tsukamori”. Hutan ini terinspirasi oleh daerah Tokorozawa di Prefektur Saitama tempat Miyazaki tinggal (karena “itu murah dan terletak di luar wilayah Tokyo Metropolitan”). Berbagai komentar dari para peserta polling ini berbicara tentang menikmati film ini setiap musim panas dan berharap mereka bisa menjadi bagian dari film ini dan duduk di perut Totoro.

COMMENT