SHARE THIS ARTICLE
toto+washlet
Source: priceonomics.com

Memperkenalkan suvenir fungsional yang keren dari Jepang: dudukan toilet dengan alat penyemprot otomatis. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Jepang mungkin malu atau bahkan takjub oleh fungsi toilet di sana pada awalnya, tetapi banyak dari mereka yang akhirnya malah menjadi penggemar teknologi tersebut.

Beberapa pengunjung bahkan ada yang akhirnya membawa pulang pengalaman menggunakan toilet canggih itu dalam bentuk dudukan toilet dengan alat penyemprotnya yang tersemat di dalamnya, atau berbagai model versi portabel dari teknologi itu.

Pembuat peralatan rumah tangga Panasonic mengatakan bahwa penjualan dudukan toiler berpenyemprot untuk wisatawan itu naik sebanyak lima kali lipat dalam 12 bulan hingga bulan Maret dari adanya permintaan yang besar, terutama dari para wisatawan Cina yang mengunjungi Jepang.

Perusahaan itu menyatakan mereka juga telah menjual sekitar 20.000 unit penyemprot portabel dengan harga 55 dolar yang dirilis pada bulan September lalu, dengan tambahan pemesanan sebanyak 10.000 unit yang telah mereka terima dari Arab Saudi baru-baru ini.

Selama beberapa dekade, telah ada dorongan besar oleh pemain perlengkapan kamar mandi terbesar di Jepang, mulai dari Toto hingga Lixil untuk mengekspor teknologi toilet mereka ke luar Jepang. Tetapi untuk masalah pemasaran produk-produk mereka kepada konsumen non-Jepang, tampaknya pengalaman menggunakan secara langsung produk tersebut jauh lebih efektif dari penjelasan apapun.

Di Jepang, sebagian besar rumah tangga, hotel dan gedung perkantoran baru memiliki toilet berpenyemprot otomatis, sehingag pengguna memiliki kesempatan untuk membiasakan diri mereka terhadap teknologi tersebut. Hal itu jauh lebih berarti daripada kampanye iklan mahal yang menguraikan rincian operasional teknologi tersebut, kata seorang pejabat di Panasonic.

Source : News On Japan

COMMENT