SHARE THIS ARTICLE
Dua mangaka Arab memenangkan penghargaan untuk manga Jepang (1)
Seorang wanita melihat tumpukan manga. (AFP/File)

Mungkin di antara kita banyak yang mengira kalau manga hanya digemari di Asia Timur, tapi ternyata manga juga digemari sampai jazirah Arab lho, bahkan ada beberapa mangaka yang tak kalah keren yang berasal dari sana! Itu sebabnya ketika suatu kompetisi manga internasional memberikan penghargaan kepada dua perwakilan dari Timur Tengah, maka prestasi tersebut layak dibanggakan.

Seperti dilansir dari albawaba.com, dalam kompetisi yang menampilkan seni manga terbaik, seorang warga Yordania bernama Amani Badran dan warga Arab Saudi bernama SaKoo SHS mendapat penghargaan perunggu yang diberikan oleh Departemen Luar Negeri Jepang. Kompetisi tahunan internasional kedelapan ini memberi penghargaan kepada para seniman yang telah mempromosikan komik Jepang di luar negeri. Menurut Arab News, upacara penghargaan ini berlangsung di Kedutaan Besar Jepang di Riyadh.

Selain mereka berdua, ada 15 mangaka yang menerima penghargaan ini, tiga di antaranya adalah warga China (di tempat kedua), sementara lima lainnya warga Eropa. Warga dari Mongolia, China, Malaysia dan Taiwan menempati tempat teratas. Komite penghargaan ini memilih para pemenang dan memberi satu emas, tiga perak, dan 11 perunggu. Walau dalam kompetisi ini tidak banyak perwakilan dari Timur Tengah tapi prestasi mereka yang berhasil menang memang menakjubkan.

Berikut adalah karya Amani Badran dari Yordania berjudul “13:05,” yang memenangkan Bronze Award. (Kunjungi website-nya, amani-46.deviantart.com, atau akun Tumblr-nya aminoscribblers.tumblr.com.)

Dua mangaka Arab memenangkan penghargaan untuk manga Jepang (2)Pemenang Bronze Award lainnya yaitu SaKoo SHS dari Arab Saudi dengan karyanya berjudul “Another World, It Exists“. (Citymanga.com)

Dua mangaka Arab memenangkan penghargaan untuk manga Jepang (3)

Source : albawaba.com
COMMENT