SHARE THIS ARTICLE

dora 1

Permainan papan klasik khas Jepang Go membutuhkan strategi mendalam. Pertandingan tunggal dapat berlangsung berjam-jam, dan dalam kasus profesional peringkat atas, bisa berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Tapi sementara kerumitan tersebut membuat permainan ini semakin menarik bagi pemain dewasa, itu juga dapat mengintimidasi dan membuatnya sulit dimainkan oleh anak-anak, yang seringkali mulai dengan memainkan versi yang lebih sederhana seperti Gomoku Narabe atau Reversi.

Estetika Go dengan batu hitam dan putih di atas papan kayu polos pun terlihat elegan bagi orang dewasa, namun tidak terlalu bermanfaat untuk merangsang anak-anak. Sehingga, untuk menciptakan stimulasi visual yang lebih, kini ada set Gomoku Narabe yang menampilkan robot kucing paling populer dalam anime, Doraemon.

Berbeda dengan Go, dimana tujuan akhirnya untuk mengendalikan wilayah di atas papan sebanyak mungkin, obyek dari Gomoku Narabe adalah menyusun 5 buah batu dengan warna sama dalam satu baris.

dora 2

Aturan standar dalam Gomoku Narabe tidak mengijinkan untuk menangkap biji milik lawan, dan secara umum permainan ini lebih cepat dibanding Go dan juga menggunakan papan yang luasnya lebih kecil, membuatnya lebih mudah untuk menangkap seluruh alur permaina ini. Terlebih papan set kayu Doraemon hanya terdiri dari 7 kotak, sebagai lawan dari papan Go yang terdiri 19 kotak. Dengan ukuran panjang sisi 165 milimeter (6,5 inchi), papan ini cukup ringkas dan mudah dibawa oleh anak-anak kecil.

Alih-alih 2 tumpukan batu hitam dan putih pada Go, set ini menampilkan keping 2 sisi bergambar Doraemon yang sedang tersenyum dan bagian ekor berujung bola.

dora 3

Set ini normalnya dijual dengan harga 3240 yen (US$32.10) tapi saat ini dapat dibeli disini dari Amazon Japan dengan harga diskon 2643 yen. Sisanya cukup untuk membeli beberapa roti krim Doraemon, meskipun sejujurnya, mengingat betapa hambarnya mereka, kalian mungkin akan menemukan lebih banyak rasa dalam potongan permainan kayu ini.

dora 4

COMMENT