SHARE THIS ARTICLE

Sushi sudah menjadi salah satu ikon kuliner Jepang. Untuk membuatnya digunakan nasi pulen dari beras Jepang. Namun baru-baru ini beberapa ahli menyebutkan bahwa beras Korea lebih baik untuk membuat sushi dibandingkan beras Jepang.

nasisushijepang

Hal ini diungkapkan Badan Pengembangan Pertanian Korea yang mengutip Asosiasi Kritikus Sushi Jepang-Korea. Asosiasi tersebut dibentuk oleh seorang chef spesialis masakan Jepang, dan memiliki anggota di antaranya empat pakar asal Jepang yang sedang bekerja di Korea.

Menurut para ahli tersebut, varietas beras Hobumu dan Shindonjin dari Korea paling cocok untuk membuat sushi. Keduanya menggeser posisi varietas beras Jepang Koshihikari yang populer di Jepang dan dunia sejak diciptakan tahun 1956.

Nasi yang baik untuk sushi memiliki butiran yang lebih besar dibanding nasi biasa. Elastis, namun tak terlalu lengket. Setelah ditambahkan cuka beras dan dibentuk, butir-butir nasinya tak mudah berguguran.

Seperti diberitakan situs The Rocket News 24, untuk mengetahui beras mana yang terbaik untuk sushi, para ahli mengetes delapan jenis beras tak berlabel. Mereka memasaknya, membuatnya jadi sushi, dan menilai hasilnya.

Dari skor sempurna sembilan, beras Hobumu dan Shindonjin secara berurutan mendapat skor 5,9 dan 5,6. Koshihikari berada di bawahnya dengan nilai 5,5. Selain itu, adapula dua jenis beras lain yang nilai elastisitas dan kekokohannya lebih tinggi daripada Koshihikari.

Kalau Hobumu dan Shindonjin jadi dipakai secara luas untuk membuat sushi, bisa jadi sushi yang kita santap nanti tak 100% Jepang.

Source : food.detik.com
COMMENT