SHARE THIS ARTICLE

seppuku monakaAda sebuah kue dessert di Jepang yang lezat dan unik. Kue tersebut adalah Monaka. Salah satu varian favorit Monaka yang terkenal unik adalah Seppuku Monaka, yang dibuat karena terinspirasi tradisi bunuh diri di Jepang pada masa lampau.

Produsen kue tersebut, Shinsodo, toko kue di wilayah Shimbasi Tokyo yang telah berdiri sejak 100 tahun lalu, memberi nama Seppuku Monaka mengacu pada aksi bunuh diri dengan menghujamkan pisau ke perut yang biasa dikenal dengan nama harakiri.

Wilayah Shimbashi dulunya adalah wilayah kediaman para pemimpin samurai jaman edo. Tanah tempat berdirinya toko kue Shinsodo tersebut dulunya merupakan milik seorang bernama Asano Nagahiro yang melakukan seppuku (bunuh diri) setelah terlibat pertikaian dengan Kira Yoshinaka.

47-roninPengikut Asano yang tidak terima melakukan balas dendam dengan membunuh Kira Yoshinaka dan setelahnya mereka melakukan aksi seppuku masal. Peristiwa ini dikenal dengan nama 47 Ronins.

Hal tersebut menjadi inspirasi toko kue Shinsodo dalam penciptaan varian kue Seppuku Monaka. Seppuku Monaka sendiri terkenal memiliki rasa yang renyah dan legit. Terbuat dari 2 wafer renyah yang mengapit isian selai kacang azuki dan mochi.

Kue ini dijual dengan harga 190 Yen atau sekitar 22.500 Rupiah.

Source : food.detik.com
COMMENT