SHARE THIS ARTICLE

Olahraga menyekop salju di Hokkaido

Seorang pimpinan dari sebuah perusahaan konsultasi di Otaru, Hokkaido, Jepang mendirikan asosiasi nasional untuk mempromosikan menyekop salju, dengan tujuan untuk mengubah pekerjaan menyekop salju menjadi olahraga musiman.

Pertandingan internasional pertama dilakukan di kota tersebut pada bulan Januari lalu dan menarik 80 peserta dari 10 negara, termasuk siswa pertukaran pelajar di universitas lokal.

Komunitas-komunitas lanjut usia di daerah dengan salju yang lebat kurang memiliki sumber daya manusia untuk menyekop salju, dan menghadapi risiko terperleset dan terputusnya transportasi,” ujar Hiroyuki Matsushiro (51). “Tapi saya harap menyekop salju bisa menjadi daya tarik untuk turis suatu hari nanti.”
Dia mendapatkan ide dari organisasi di Tokyo yang mengadakan pertandingan reguler untuk mengumpulkan sampah dibanding dianggap sebagai kerja sukarela.
Para pesertanya sangat bersemangat dan itu memberikan ide kepadaku untuk memecahkan masalah menyekop salju di Hokkaido,” kata Matsushiro.
Dia mendirikian Japan Sports Yukikaki Association Oktober lalu dan mulai membuat aturan resmi untuk pertandingannya. Pada acara pertama di Otaru, tim yang terdiir dari 4 orang bertanding kecepatan untuk membawa 600 kilogram sejauh 10 meter dengan menggunakan sekop dan troli.
Besar kemungkinan bahwa kota Sapporo, ibukota prefektur Hokkaido, akan berusaha untuk menjadi penyelenggara Olimpiade Musim Dingin pada 2026, setelah sebelumnya menjadi tuan rumah pada 1972.
Saya harap, saat itu kami bisa meningkatkan jumlah peserta “yukikaki” dan membuatnya menjadi acara resmi pada Olimpiade,” ujarnya.
Source : houseofjapan.com
COMMENT